|
find us on : 
Home > NUSANTARA > Kuatkan Sikap Nasionalisme, Kemitraan Depok Raya Kunjungi Lanud Adisutjipto

Kuatkan Sikap Nasionalisme, Kemitraan Depok Raya Kunjungi Lanud Adisutjipto

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 12 Desember 2017 | 00:07:42
dibaca | 3916 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Pokja Depok Raya kembali berinovasi dan berkreasi dengan kreatif dalam program Kemitraan atau partnership berbasiskan Penguatan Pendidikan Karakter dalam hal sikap Nasionalisme menumbuh kembangkan karakter kecintaan dan kebanggaan kepada dirgantara Republik Indonesia, karakter gotong royong kebersamaan dan karakter Integritas menyatu dalam program Kemitraan Field Trip fasilitas bandara di Lanud Adisutjipto dan Wing Pendidikan Terbang (Wingdikterbang).

Kunjungan kali ini dilaksanakan diawali dari DAAU ( Dinas Angkutan Angkatan Udara), PLLU ( Petugas Lalu Lintas Udara), Meteorologi, Air Nav dan Radar, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, dan Sekolah Penerbangan di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto.

Anak-anak yang berasal dari SMP dan MTs se-kecamatan Depok Jogjakarta yg berjumlah 16 sekolah dengan sejumlah 160 siswa dan 32 pendamping mendapatkan wawasan baru mengenai Pesawat, Sekolah Penerbang TNI AU, Pontensi Dirgantara, dan banyak hal lainnya.

Field Trip ini merupakan tambahan wawasan baru yang tidak mungkin akan mereka peroleh secara langsung karena materi yang mereka dapatkan berasal dari para pelaku langsung terkait masalah penerbangan dan kedirgantaraan.

Ketua Pokja Depok Raya Bapak Prapto Nugroho M.Pd yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Sekolah SMPN 3 Depok menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga,M.M. karena telah diberi kesempatan untuk mengunjungi fasilitas TNI AU yang ada di Lanud Adisutjipto.

"ini merupakan pengalaman yang sangat langka dan tidak sembarangan orang umum dapat kesempatan tersebut", ujarnya.

Prapto juga berharap bahwa anak didiknya ke depan nanti dapat mengikuti jejak profesi menjadi seorang penerbang maupun pegawai airnav, bahkan beliau bertemu dengan mantan anak didiknya juga yang menjadi salah satu kepala seksi lambangja di Airnav.

Kemitraan ini akan berlanjut hingga tanggal 12 Desember 2017 di JAZ ( Jupiter Adventure Zone ) yang akan melaksanakan military outbond.

Sensasi out bound yang spektakuler bersama Tim JAZ nanti diharapkan akan tewujudnya Karakter Kemandirian, Integritas, Gotong Royong, Nasionalis and Religius berupaya live in di relung jiwa raga rasa dan hati anak-anak SMP, MTs Depok Raya.

Anak-anak SMP, MTs Negeri Swasta se-Kecamatan Depok Raya terpancar di wajahnya sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan ini. Mereka berharap dengan kegiatan ini maka persatuan dan kesatuan siswa siswi se Depok raya dapat terjalin dengan baik dan mesra, serta tidak ada lagi kegiatan yg bersifat negatif seperti tawuran antar sekolah.

Ini adalah pengejawantahan dari pendidikan diluar sekolah (outing class) berbasis pengetahuan diluar pelajaran sekolah, indahnya sinergisitas dan kolaborasi penguatan pendidikan karakter digelorakan tidak hanya diruang kelas dan hampa tapi langsung di obyek yang terkait.

Siswa siswi SMP MTs Depok Raya sebagai calon pemimpin masa depan nantinya semoga mendapatkan limpahan energi yang yang dimiliki termediasikan dengan positif melalui outing field trip having fun and enjoying activity. (Bgs/JJ)