|
find us on : 
Home > NASIONAL > Bahas Calon Pengganti Panglima TNI, DPR Gelar Paripurna

Bahas Calon Pengganti Panglima TNI, DPR Gelar Paripurna

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 05 Desember 2017 | 09:05:56
dibaca | 244 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat Paripurna untuk membacakan sekaligus membahas surat dari Presiden Joko Widodo yang mengusulkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., sebagai calon Panglima TNI yang baru pada hari ini, Selasa (5/12).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, agenda pembahasan calon Panglima TNI yang baru dalam Sidang Paripurna sudah disepakati dalam Rapat Pimpinan dan Badan Musyawarah kemarin siang (4/12).

"Termasuk terkait dengan pengangkatan Panglima TNI atas usulan dari Presiden," ucap Fadli usai rapat Badan Musyawarah di gedung DPR, Jakarta.

Pada Sidang Paripurna nanti, surat usulan dari Jokowi akan dibacakan. Setelah itu, Paripurna akan memerintahkan Komisi I untuk mulai memproses pengusulan calon Panglima TNI baru yang diajukan Jokowi.

"Nanti kami serahkan kepada Komisi I setelah surat dibacakan," ujar Fadli.

Selain membahas calon Panglima TNI yang baru, Paripurna akan mengesahkan program legislasi nasional prioritas di 2018 yang akan datang.

Sidang Paripurna juga bakal membicarakan perpanjangan beberapa rancangan undang-undang (RUU), serta pengambilan keputusan Tingkat II RUU Kebidanan yang berkutat mengenai usul inisiatif kebidanan dan konservasi.

"Jadi ada dua, tiga agenda besok," ujar Fadli.

Mengenai potensi DPR tidak menyetujui Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru, Fadli enggan berkomentar. Dia mengatakan penilaian terhadap Hadi merupakan wilayah kerja Komisi I.

"Saya tidak mau berspekulasi ya," ujar Fadli.

Wakil Ketua Komisi II Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan, Badan Musyawarah sudah menentukan agenda Sidang Paripurna besok. Salah satunya adalah membahas surat pengusulan calon Panglima TNI yang baru dari Presiden Joko Widodo.

"Gerindra dukung," ucap Riza.

Presiden Jokowi telah mengusulkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP sebagai calon Panglima TNI yang baru kepada DPR. Usulan itu tertera dalam surat yang diantar Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan diterima Fadli. (Red/JJ)