|
find us on : 
Home > NASIONAL > PKPU Human Initiative Respon Bencana Cempaka

PKPU Human Initiative Respon Bencana Cempaka

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 04 Desember 2017 | 13:32:30
dibaca | 343 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - YOGYAKARTA - Siklon Tropis Cempaka melanda Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (28/11/2017) mengakibatkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang di beberapa titik di wilayah kabupaten/kota di DI Yogyakarta, yaitu Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman dan Kulon Progo.

Peristiwa ini mengakibatkan kerusakan, seperti jaringan listrik, akses jalan dan jembatan, bangunan pasar, cagar budaya, fasilitisas pendidikan, kendaraan dan pemukiman warga.

Manager Humas PKPU HI, H.Mohamad Sukismo menjelaskan, PKPU Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga fokus pada isu kemanusian dan bencana, merespon dan mengambil tindakan cepat terhadap dampak siklus tropis cempaka yang melanda berbagai wilayah di Yogyakarta.

"Tindakan awal yang diambil adalah melakukan koordinasi dengan BPBD, dan Emergency Response Unit ERU PKPU Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya di Jakarta Senin (4/12/2017).

Selanjutnya beber Sukismo, PKPU HI DIY melakukan kooordinasi dengan relawan-relawan lokal untuk melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang terdampak banjir, longsor, dan angin kencang.

Setelah semua telah terpetakan dengan baik dan akurat, PKPU HI DIY mengerahkan personil tim rescue untuk membantu melakukan proses evakuasi bersama relawan gabungan lainnya, kaji cepat, dan distribusi logistik ke wilayah-wilayah terdampak," bebernya.

Muthori kepala cabang PKPU HI DIY, mengatakan, PKPU HI juga melakukan pelayanan kesehatan, trauma healing, pembersihan pemukiman warga dari lumpur, membersihkan akses jalan dan lainnya. "Respon dan tindakan cepat yang dilakukan PKPU HI DIY adalah bentuk kepedulian dan kesiap siagaan PKPU HI terhadap isu bencana, kemanusiaan, sosial dan lainnya," kata Muthori.

Hal ini juga bentuk pelayanan dan pengabdian PKPU HI DIY kepada masyarakat, khususnya di wilayah Yogyakarta.

"Saat ini insya Alloh kami akan mengcover 3 wilayah terdampak dari 5 kabupaten Kota yang ada di propinsi DIY, yaitu yang paling parah terdampaknya yaitu di kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul," atanya.

Jika memungkinkan akan menyasar di wilayah Klaten Jawa Tengah, karena dekat dengan wilayah DIY untuk mempercepat mobilisasi bantuan bagi warag terdampak.

"Kami menghimbau seluruh elemem masyarakat di Indonesia untuk turut serta dan berbartisipasi dalam memberikan solusi bagi para korban banjir sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," kata Muthori. (Muth/kis/PKPU HI).