|
find us on : 
Home > MEGAPOLITAN > Kapolri Tegaskan Polri dan TNI Tempuh Penindakan Tegas Terhadap KKB

Kapolri Tegaskan Polri dan TNI Tempuh Penindakan Tegas Terhadap KKB

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 November 2017 | 19:25:22
dibaca | 3988 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian menegaskan Polri bersama TNI akan mengatur kekuatan menempuh upaya penindakan tegas untuk hadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) jika tidak juga menanggapi upaya persuasif aparat.

Kapolri mengatakan setting kekuatan sudah ada di sana, Polri dan TNI. Ia sudah koordinasi dengan Bapak Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Kalau cara-cara persuasif tidak bisa kita lakukan dan deadlock, maka tidak mungkin akan kita diamkan. Negara tidak boleh kalah, kita harus melakukan tindakan.

"Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafli Amar dan Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit sudah berada di Tembagapura untuk mengatasi masalah ini secara langsung. Jika nantinya upaya represif dilakukan aparat, saya berharap upaya tersebut tidak menimbulkan korban jiwa berjatuhan," Pungkas Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri menambahkan upaya represif itu tentunya dengan meminimalisir korban. Kalau mungkin ada korban  tidak terhindarkan baik di kalangan petugas, atau di kelompok bersenjata atau di masyarakat, kadang-kadang tidak bisa dihindarkan. Namanya operasi penegakan hukum, operasi bersenjata lawan bersenjata itu rentan terhadap korban.

KKB telah sepekan lebih menyandera warga di Kampung Banti dan Kimbely, Tembagapura, Mimika, Papua membatasi gerak warga untuk keluar dari kampung tersebut. Aparat berharap KKB untuk segera menyerahkan diri. (Bgs/JJ)