|
find us on : 
Home > RAGAM JAKARTA > Peringati Hari Pahlawan, Danramil 03 Pasar Minggu Berguru Kepahlawanan Dari Sang Pahlawan

Peringati Hari Pahlawan, Danramil 03 Pasar Minggu Berguru Kepahlawanan Dari Sang Pahlawan

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 November 2017 | 16:08:34
dibaca | 424 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kamis, 16 November 2017- Danramil 03 Pasar Minggu Mayor Chb Purwanto, S.Psi berguru kepahlawanan dari sang pahlawan di hari Pahlawan dengan sebuah renungan untuk para jasa-jasanya yang kini disebut dengan 'Veteran'.

Pada kesempatan tersebut, Renungan dari Danramil 03 Pasar Minggu berbunyi, sebagai berikut :

" Jika secara fisik sudah tidak lagi kuat semasa muda, itulah veteran. Jika usia sudah semakin senja, itulah veteran. Jika berbicara tidak lagi lancar kalau mendengar tidak lagi sepeka waktu remaja, itulah veteran. Jika bertemu dengan beragam makanan dan minuman harus memilih dan memilah mana yang masih diperbolehkan oleh dokter, itulah veteran. Dan ungkapan yang satu ini, yang segera ingin saya sampaikan nampaknya begitu mengharukan dan memprihatinkan. Yakni jika kita bicara tentang jumlah dan keberadaan mereka, kian hari semakin langka, serta nampak sulit bertambah, maka dengan tegas kita harus berani mengatakan itulah "VETERAN".

Segudang ilustrasi maupun ungkapkan untuk menggambarkan suatu perjalanan generasi bangsa pada masanya dalam sebuah hiruk pikuk dinamika dan perjalanan perjuangan panjang tentang bangsa Indonesia ini, tidak bisa dipisahkan dari sebuah topik pembahasan tentang Sang Pejuang para Veteran. Engkau bagaikan tumpukan wayang-wayang yang tersimpan rapat di kotak oleh Ki Dhalang, yang pada waktu-waktu tertentu saja engkau dipajang, dikeluarkan dan dipertontonkan kepada khalayak.

Pada peringatan hari-hari besar, seperti hari Kemerdekaan Republik Indonesia, hari Kesaktian Pancasila, dan peringatan hari Pahlawan 10 November 2017 seperti sekarang ini, engkau para Pejuang, engkau para Pahlawan, wahai sang Veteran engkau saatnya harus tampil dengan pakaian kebesaranmu. Pakaian khas kebesaran yang engkau gunakan tidak semudah dibeli dimanapun dan kapanpun, kalaupun toh dapat dan sudah di tangan, tidak sembarang orang berhak mengenakannya karena harus dengan ruh nilai-nilai sakral perjuangan merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.

Pada hari-hari yang biasanya nyaris kami tidak pernah mendengar kisah historis serta heroik perjuangan dari sang veteran. Pada hari-hari yang biasanya kami nyaris tidak pernah melihat khas seragammu wahai para pahlawan veteran. Maafkanlah kami generasi yang nyaris melupakanmu wahai para pejuang, sangat jarang kami mendatangimu silaturrahmi ke kediamanmu, sangat jarang kami mengemas suatu acara yang sengaja mengundang dan menghadirkan keterlibatanmu wahai para pejuang veteran.

Pemberian maaf kepada kami yang tidak pernah mengalami masa berperang, bertempur melawan musuh dan nyaris tidak pernah ada kemauan memperdulikan dan menempatkan para Veteran kepada tempat yang selayaknya mendapatkan perhatian dan penghormatan sebagai Sang Pejuang.

Maka bila perjalanan hidupmu telah berakhir dan engkau temui kematian. Sementara generasi kami tidak sempat mengetahui, jangan bersedih bila engkau dimakamkan di tanah sepi, yang tak pernah dikunjungi oleh siapapun. Semoga dosamu diampuni dan amal baik pengorbanan dan perjuangan yang penuh keiklhasan menjadi penghiburmu.

Tetapi bila engkau sedikit beruntung, penguburan jasadmu akan diupacarakan. Pejabat pemerintahan, institusi TNI-POLRI, Atasan, rekan, keluarga dan handai taolan, akan memberi penghormatan kebesaran buatmu. Kisah hidupmu akan dibacakan, dan peti matimu akan diselimuti kain berwarna, kain bendera yang selama hidup engkau bela.

Semoga sehat selalu wahai para pejuang veteran yang masih menemani kami generasi kekinian, yang selalu menjadi Simbol Kepahlawanan yang tidak pernah kami lupakan, akan senantiasa kami kenang dan memperhatikanmu. Dan para pejuang veteran yang telah tiada, semoga Allah Swt menerima dengan Ridho-Nya sebagai tempat kembalimu, dan nilai-nilai luhur semangat kepahlawanan semoga terpatri ke dalam sanubari kami generasi penerusmu, Aamiin. "

Perenungan tersebut telah tersampaikan ketika tepatnya saat Mayor Chb Purwanto, S. Psi Danramil 03 Pasar Minggu menyambut dan menemani para Veteran bpk H. Mahmud dan bpk H. Soeprapto yang akan berangkat Nonton Bareng Film Merah Putih Memanggil ke bioskop Cinema XXI Blok M Square Kebayoran Baru, di Ruang Piket Koramil 03 Pasar Minggu, Jum'at (10/11/17) lalu. (Bgs/JJ)