|
find us on : 
Home > MELITER > Lanud Sulaiman Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-72 Kodiklatau

Lanud Sulaiman Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-72 Kodiklatau

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 15 November 2017 | 11:48:14
dibaca | 379 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Momen peringatan ulang tahun seperti ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai wahana instropeksi dan evaluasi terhadap hakikat keberadaan dan pengabdian Kodiklatau, sekaligus untuk merumuskan langkah-langkah antisipasi terhadap tantangan dan tuntutan tugas dimasa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kadislog Letkol Kal Dwi Yunanto mewakili Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Tyas Nur Adi, Rabu (15/11/2017), saat bertindak sebagai inspektur upacara pada pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Kodiklatau ke-72 yang digelar secara sederhana dan khidmat di lapangan Apel Staf dua Lanud Sulaiman yang diikuti para peserta upacara perwira, bintara, tamtama, pegawai negeri sipil, serta seluruh siswa dari skadik-skadik.

Kodiklatau sebagai salah satu Komando utama fungsional Angkatan Udara dengan tugas dan tanggung jawabnya menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan Angkatan Udara, harus mampu membentuk nilai dan karakter prajurit TNI Angkatan Udara, harus mampu membentuk nilai dan karakter prajurit TNI Angkatan Udara yang unggul, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi, tangguh, dan ulet serta sanggup menghadapi berbahagia permasalahan dan tantangan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Demikian pernyataan Kasau yang juga menyatakan suatu hal serius yang menjadi penekanan, yaitu keberhasilan pelaksanaan tugas Angkatan Udara sangat ditentukan oleh kualitas kesiapan operasional, alutsista dan seluruh sistem serta perangkat lunak yang mendukungnya. Namun, peralatan modern dan canggih belum merupakan jaminan keberhasilan pelaksanaan tugas, akan tetapi harus diimbangi dengan kualitas personel yang memiliki jiwa Ksatria, Militan, Loyal, dan Profesional, sehingga dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dapat menyeesaikan setiap tugas yang diberikan.

Dalam konteks inilah peran Kodiklatau menjadi mengemuka karena sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap kualitas hasil didik personel Angkatan Udara, Kodiklatau harus senantiasa berbenah diri agar proses pendidikan selaras dan selalu mengikuti dinamika Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terus berkembang. Warga Kodiklatau harus senantiasa ingat slogan Kodiklatau, yaitu "Vidyasana Viveka Vardana" yang berarti Kodiklatau tempat pengembangan pengetahuan dan kesiagaan.

Mengakhiri sambutannya, Kasau menyampaikan empat atensi yang harus dipedomani, diantaranya pertama, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, memegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta Panca Prasetya Korpri bagi Aparatur Sipil Negara sebagai upaya memelihara citra TNI Angkatan Udara. Ketiga,menjadikan tugas sebagai suatu kehormatan yang dilaksanakan secara profesional dan tingkatkan rasa tanggung jawab terhadap aset negara. Keempat, meningkatkan kepedulian, kecermatan, dan kewaspadaan terhadap setiap perkembangan yang terjadi, sehingga memiliki kepekaan yang tinggi dalam mengantisipasi dinamika tuntutan tugas.

Peringatan hari jadi Kodikau ke-72 tahun 2017 mengusung tema "Kodiklatau Siap Membentuk JIwa Prajurit yang Kstria, Militan, Loyal, dan Profesional". (Bgs/JJ)