|
find us on : 
Home > MELITER > Makohanudnas Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72

Makohanudnas Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 November 2017 | 12:25:18
dibaca | 325 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Inspektur Komando Pertahanan Udara Nasional (Irkohanudnas) Kolonel Lek Pujianto S.,S.IP., selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 di lapangan apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (10/11). Upacara dihadiri para pejabat dan anggota Markas Kohanudnas serta Kosekhanudnas I.

Rangkaian upacara meliputi penghormatan pasukan, laporan komandan upacara, pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, Pembacaan pesan-pesan pahlawan, pembacaan sambutan Mensos, pembacaan doa dan Andika Bhayangkari.

Pada peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 ini temanya adalah "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri". Melalui tema tersebut pemerintah mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga dan memperkokoh persatuan, sebagai landasan serta prasyarat terselenggaranya pembangunan.

Dalam sambutannya Mensos Chofifah Indar Parawangsa yang dibacakan Irkohanudnas Kolonel Lek Pujianto S.,S.IP., mengungkapkan makna peringatan Hari Pahlawan dan aktualisasinya dalam era kekinian. Disebutkan "Setiap tanggal 10 Nopember, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlwan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan, dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur", tegasnya.

Pada bagian lain disebutkan," Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik bagi bangsa telah ditambatkan oleh Pemerintah Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni : "Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong", tambahnya.

Di akhir sambutannya Mensos "Ajakvseluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri-sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan tahun 2017," pungkasnya. (Bgs/JJ)