|
find us on : 
Home > PILIHAN EDITOR > Pererat Silaturahmi, Dispenau Gelar Media Gathering dan Kasau Award

Pererat Silaturahmi, Dispenau Gelar Media Gathering dan Kasau Award

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 21 Oktober 2017 | 20:20:23
dibaca | 676 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sebanyak 71 wartawan media nasional cetak, elektronik, dan online turut meramaikan kegiatan Media Gathering dan Kasau Award di Yogyakarta pada hari Selasa (17/10).

Dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan keakraban, Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) tersebut mengangkat tema 'Indonesia Jaya', dimana para awak media diajak melihat dan mengunjungi beberapa satuan TNI AU yang berada di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Jemi Trisonjaya dalam keterangannya yang diwakili Kasubdis Penum Dispenau, Kolonel Pnb Hendrayansyah S, S.Sos, mengatakan, selama ini peran media massa dalam memberikan sumbangan penyebaran informasi tentang TNI AU sangatlah besar melalui penyampaian berita yang objektif kepada masyarakat sehingga media massa mampu membangkitkan kembali solidaritas, citra, dan kecintaan rakyat kepada TNI pada umumnya.

"Mewakili Kasau, saya mengucapkan terima kasih atas jasa awak media selama ini. Dengan adanya Media Gathering ini kami ingin membagi kebahagiaan dengan awak media yang sudah mendukung TNI AU," ungkap Kolonel Pnb Hendrayansyah di sela-sela acara.

Harapan Kolonel Pnb Hendrayansyah bersilahturahmi dengan awak media seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja, namun terus dilanjutkan untuk memperluas penyebaran informasi tentang TNI AU.

"Untuk itu peran media massa diperlukan untuk mempublikasikan berbagai kegiatan TNI termasuk kegiatan TNI AU dalam upaya peningkatan citra TNI di mata masyarakat luas," tuturnya.

Kolonel Pnb Hendrayansyah menjelaskan bahwa selain menggelar Media Gathering Dispenau menggelar juga Kasau Award dimana TNI AU akan memberikan award khusus kepada media sebagai bentuk apresiasi kinerja awak media.

"Sebagai bentuk apresiasi dari Kasau, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, beliau akan memberikannaward khusus bagi awak media, namanya Kasau Award. Jadi, Kasau Award ini akan diberikan tepatnya tanggal 25 November 2017 kepada media yang telah berkontribusi dalam membangun TNI AU melalui karya-karya jurnalistik, baik itu media online maupun elektronik," ungkap Kolonel Pnb Hendrayansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Letkol Sus Sonaji Wibowo, memaparkan teknis lomba penulisan artikel bagi awak media tersebut.

"Awak media diminta mengirimkan karya jurnalistiknya yang berkaitan dengan segala hal berbau TNI AU. Teknisnya, sekarang kita sudah dalam tahap mempromosikan ada Kasau Award, kemudian kita sedang membentuk tim juri dan lainnya. Untuk mengikuti Kasau Award ini gampang, yakni dengan cara membuat tulisan dalam bentuk artikel atau featured, kemudian untuk media televisi mengirimkan program siaran di televisinya masing-masing. Untuk televisi, program siaran yang dapat diikutlombakan ada empat kategori, yakni dokumenter, news,talkshow, dan iklan layanan masyarakat," tutur Letkol Sus Sonaji Wibowo.

"Untuk media cetak, silakan mengirimkan artikel tentang TNI AU, kategorinya kita buat tiga. Yakni, artikel dalam bentuk human interest tentang TNI AU, kemudian bisa juga membuat tulisan pada level operasional TNI AU, dan terakhir tentang tulisan yang bersifat strategis atau kebijakan yang bisa disumbangsarankan kepada TNI AU, masalah pertahanan negara, aspek dirgantara, dsb," sambungnya.

Sebagai informasi, batas pengiriman artikelnya sendiri hingga tanggal 31 Oktober 2017. Untuk materi yang dikirimkan bisa produk atau tulisan yang sudah tayang di media masing-masing mulai bulan Januari 2017 lalu. Awak media bisa langsung mengirimkan materi lomba ke Panitia Kasau Award, dengan alamat Markas Besar TNI AU Gedung B1 lantai 1, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, atau juga melalui email dispenau2008@gmail.com.

"Untuk TV, silakan kirimkan materi liputan dalam bentuk CD 3 keping, karena tim jurinya ada 3 orang. Tim jurinya kami siapkan independen dan profesional. Ada dari Komisi Penyiaran Indonesia, Dewan Pers, dan akademisi. Puncaknya, pemenang Kasau Award ini akan diumumkan pada tanggal 25 November 2017 di Gedung Bhinneka Tunggal Ika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Di situ juga akan ada kegiatan-kegiatan lain seperti drama kolosal dll. Kita akan desain Kasau Award seperti penghargaan Oscar. Hadiahnya lumayan. Oleh karena itu, masih ada waktu sampai tanggal 31 Oktober. Selamat mengikuti lomba," tutup Letkol Sus Sonaji Wibowo

Informasi lebih lengkap bisa menghubungi, Letkol Sus Sonaji Wibowo, Dispen Mabesau, Contact Person : +62 857-7088-9927