|
find us on : 
Home > OTOMOTIF > Tak Hanya Motor, Yamaha Bakal Ungkap Konsep Mobil Terbarunya

Tak Hanya Motor, Yamaha Bakal Ungkap Konsep Mobil Terbarunya

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 15 Oktober 2017 | 10:13:39
dibaca | 532 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Yamaha kembali menjadi peserta pameran Tokyo Motor Show (TMS) yang akan berlangsung pada 27 Oktober sampai 5 November 2017 di Jepang. Kali ini Yamaha membawa sebuah kendaraan konsep, bukan motor melainkan mobil.

Rincian detail tentang mobil konsep tersebut masih disembunyikan oleh Yamaha. Namun beredar rumor bahwa mobil konsep yang akan diperkenalkan masih ada kaitannya dengan Sports Ride yang pernah diperlihatkan untuk pertama kalinya pada tahun 2015.

Sama seperti Sports Ride, mobil konsep terbaru dibangun melalui proses Gordon Murray iStream dan menggunakan karbon fiber sehingga biaya pengeluaran lebih rendah apalagi diproduksi dalam jumlah banyak. Dengan penggunaan Gordon Murray iStream diperkirakan perusahaan akan untung dan bisa menjual mobil dengan harga bersaing, mungkin setara dengan harga Lotus Elise.

Yamaha tidak merahasiakan informasi terkait rencana mereka yang bakal meluncurkan mobil sport konsep terbaru di TMS. Kemungkinan besar mobil tersebut akan menjadi kendaraan masa depan yang bakal diproduksi dan dipasarkan secara massal.

Autocar melaporkan mobil sport konsep itu akan memiliki dua pintu serta mempunyai berat tidak lebih dari 900 kilogram.

Kemungkinan mesinnya berkapasitas 1 liter tiga silinder berdasarkan mobil Yamaha Motiv yang pernah diperlihatkan beberapa waktu lalu. Di mobil itu, mesin mampu mengeluarkan tenaga maksimal 75 bhp, tapi jika menghasilkan lebih dari 100 bhp maka mobil itu akan bersaing ketat dengan Elise yang memiliki tenaga maksimal sekira 130 bhp.

Untuk diketahui, Mobil Sports Ride dijadwalkan hadir pada akhir 2017 atau paling lambat awal 2018 telah masuk jalur produksi.

Yamaha belum menginformasikan secara resmi spesifikasi dan data teknis mobil Yamaha Sports Ride, tapi beredar informasi kalau mesin turbocharged berkapasitas 1,5 liter akan dibenamkan di bawah kap mesin versi produksinya.

Mobil sport buatan Yamaha tersebut memiliki dimensi panjang 3.900 milimeter, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.170 mm. Mobil ini memiliki berat hanya 750 kilogram. (Nrd/JJ)