|
find us on : 
Home > OTOMOTIF > Produksi Mobil Mini, BMW Gandeng Perusahaan Automotif Asal China

Produksi Mobil Mini, BMW Gandeng Perusahaan Automotif Asal China

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 14 Oktober 2017 | 11:36:48
dibaca | 2368 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Pabrikan mobil yang berbasis di Jerman, BMW AG, tengah menjalankan sebuah rencana kerja sama dengan perusahaan automotif asal China, Great Wall Motor Co, untuk memproduksi mobil Mini. Berdasarkan sumber yang mengetahui rencana bisnis tersebut, mobil Mini yang diproduksi di China tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik, tapi juga ekspor.

Bila kesepakatan itu berjalan lancar maka BMW akan membuka pabrik yang khusus untuk memproduksi MIni dan bakal menjadi pabrik pertama Mini yang berada di luar Eropa.

Saat ini BMW sudah mempunyai pabrik mobil di China bekerja sama dengan perusahaan lokal, Brilliance. Sementara Great Wall tidak memiliki mitra internasional. Menurut pendiri Great Wall, perusahaan tersebut memiliki rencana mendirikan fasilitas produksi di Amerika Serikat.

Mobil Mini pertama kali dirancang di Inggris. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya permintaan maka perusahaan memutuskan membangun pabrik baru di Belanda.

BMW mencatat selama delapan bulan pertama di tahun ini lebih dari 230 ribu mobil Mini sudah terjual. Recananya Mini bertenaga listrik diluncurkan sebagai jawaban untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menindaklanjuti wacana beberapa negara yang akan mengeluarkan larangan mobil bermesin bensin dan diesel.

Juli lalu, BMW memutuskan membangun Mini varian full electric yang akan diproduksi di pabrik Mini di Oxford, Inggris. Kesepakatan mengenai produksi Mini di China untuk ekspor mampu membuat saham Great Wall meningkat 14 persen. (Nrd/JJ)