|
find us on : 
Home > MELITER > Menhan Indonesia-Malaysia-Filipina Resmi Patroli Angkatan Udara Bersama

Menhan Indonesia-Malaysia-Filipina Resmi Patroli Angkatan Udara Bersama

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 12 Oktober 2017 | 18:46:47
dibaca | 244 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Patroli bersama antara Angkatan Udara Indonesia-Malaysia-Filipina resmi dilaksanakan pada hari ini. Peresmian patroli bersama itu dihadiri oleh para menteri pertahanan (Menhan) dari ketiga negara.

Sebagaimana dikutip dari New Straits Times, Kamis (12/10/2017) Menhan Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Hussein, Menhan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dan Menhan Filipina, Delfin Negrillo Lorenzana meresmikan kerjasama keamanan dan pertahanan trilateral yang mencakup wilayah Laut Sulu hingga Filipina Selatan.

Fokus utama patroli trilateral itu adalah untuk menangkal ancaman ISIS. "Patroli trilateral bersama ini akan terus berlanjut selama dibutuhkan. Ini seharusnya menjadi sinyal bagi daesh (al-dawulah al-islamiyah fi iraq wal-Sham/sebutan lain ISIS) dan mereka yang terlibat dalam pembajakan di laut antara ketiga negara kita yang perlu kita hancurkan," tegas Hishammuddin.

Sekadar informasi, patroli udara ini merupakan langkah lanjutan terkait kerjasama keamanan ketiga negara. Pasalnya, Patroli Maritim Trilateral sebelumnya sudah diresmikan antara ketiga negara pada April lalu di Pulau Tarakan.

Menhan Filipina menepis kekhawatiran bahwa patroli ini akan memicu pelanggaran wilayah kedaulatan. Sebab militer ketiga negara akan terus membuka komunikasi agar operasi bersama ini dapat berjalan dengan baik.

"Ini memungkinan bila ada insiden di mana patroli angkatan laut tengah melakukan pengejaran dan tersangka masuk ke wilayah perairan negara lain, bukan hanya dikejar tapi akan menerima bantuan dari negara lain," ujar Lorenzana.

Ia menambahkan bahwa patroli maritim yang saat ini sudah berjalan ternyata memiliki dampak yang sangat positif. "Kami belum menerima laporan aktivitas perompak yang biasanya terjadi di area tersebut semenjak itu dilakukan," kata Menhan Filipina tersebut.

Ryamizard menyatakan, langkah trilateral ini memberikan sinyal kuat terhadap ISIS dan kelompok radikal lainnya. Ia menambahkan, operasi militer bersama ini membuktikan bahwa anggota ASEAN dapat bekerja sama dan menyelesaikan masalahnya sendiri. (Bgs/JJ)