|
find us on : 
Home > OTOMOTIF > Jaguar Land Rover Luncurkan SUV Jaguar F-Pace

Jaguar Land Rover Luncurkan SUV Jaguar F-Pace

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 12 Oktober 2017 | 18:09:47
dibaca | 280 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Agen Pemegang Merek (APM) Jaguar dan Land Rover di Indonesia, Wahana Auto Ekamarga (WAE) meluncurkan varian terbarunya disegmen sport utility vehicle (SUV), yakni Jaguar F-Pace.

Chief Operating Officer WAE, Roland Staehler, mengatakan bahwa pihaknya melakukan beberapa pembaruan kepada SUV premiumnya itu. Pembaruan utama terletak pada mesin kendaraan yang diklaim lebih hemat bahan bakar.

"Tawarannya adalah jantung pacu baru yang lebih efisien," kata Staehler saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Di benua biru, F-Pace pertama kali meluncur di ajang Frankfurt Motor Show 2015. Sementara di Indonesia, kendaraan ini muncul saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

"Sosoknya tidak berubah sejak peluncuran global. Ya, desain menawan, interior mewah, ketangguhan berkendara serta penggunaan teknologi," ujar dia.

Pabrikan asal Inggris itu menggunakan mesin bensin Ingenium pada mesin anyarnya dengan tawaran performa lebih baik, beserta efisiensi bahan bakar.

Sementara, pilihan mesinnya dengan konfigurasi empat slinder 2.0 L bertenaga 250 PS. Sedangkan bersama suntikan twin scroll turbo, mesin dapat menghasilkan torsi puncak hingga 365 nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan yang memiliki sistem penggerak empat roda.

Dalam uji coba yang dilakukan Jaguar, F-Pace dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 6,8 detik. Untuk konsumsi bahan bakarnya, 7,4 liter/ 100 km atau 13,5 km/ liter.

Sedangkan untuk F-Pace sebelumnya menggunakan mesin GTDI 3.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga 236.7 hp dengan torsi 340 Nm.

Manajer Perencanaan Produk, Pengelolaan Produk dan Pengembangan Jaringan WAE Tommy Handoko, mengungkapkan selain ubahan pada mesin segi eksterior,interior, dan kaki-kaki F-Pace memiliki perbedaan dari sebelumnya.

"Eksterior body kit kemarin kan pakai body kit R sport, lalu sisi velg lebih kecil ini 20 inci, kemarin 22 inci," kata Tommy.

Fitur pun demikian, dibuat baru untuk menunjang kenyamanan baik pengemudi maupun penumpang saat berada di dalam kabin. Tempat duduk depan dapat diatur secara elektrik dalam 10 arah.

Kemudian, bagian tengah terdapat layar berukuran 12,3 inci sebagai pusat pengendalian infotaiment. Termasuk di dalamnya sistem InControl Touch Pro Navigation serta audio meridian 380 watt.

Di Indonesia, varian terbaru SUV Jaguar ini dibandrol dengan harga Rp1.549 miliar dan berstatus off the road. "Ini SUV yang menjadi model Jaguar paling cepat terjual di benua biru," kata Staehler. (Nrd/JJ)