|
find us on : 
Home > POHUKAM > Kemenkumham Bakal Sediakan Lapas Khusus bagi Bandar Narkoba dan Teroris

Kemenkumham Bakal Sediakan Lapas Khusus bagi Bandar Narkoba dan Teroris

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Oktober 2017 | 18:40:57
dibaca | 649 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) berencana menyediakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus yang diperuntukkan bagi para narapidana kasus narkotika dan terorisme.

Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Ma'mun mengatakan lapas khusus tersebut akan hadir di Lapas Nusakambangan, dengan standar operasional prosedur tersendiri. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi narapidana dengan kasus berat kabur dari tahanan

"Hal ini untuk betul-betul merubah mereka agar jadi lebih baik. Jangan sampai mengulang lagi, karena tidak sedikit bandar ataupun teroris yang sudah pernah ditahan setelah bebas, malah berbuat hal serupa," ujar Ma'mun saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Open Camp Ciangir, Tangerang, Rabu (11/10/2017).

Ma'mun menjelaskan, nantinya akan ada ruang atau sel yang berisi satu narapidana dengan kasus berat serta mendapatkan pengawasan ekstra, berbeda dengan Lapas pada umumnya.

"Biasanya, satu sel bisa beberapa napi, tapi ini berbeda. Penjagaannya juga dengan satu sel lima petugas penjaga yang dapat pembinaan yang khusus pula. Pokoknya berbeda dari lapas lain. Nah, sampai saat ini masih kita bicarakan dengan Kementerian juga," tutur Ma'mun.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly mengatakan konsep Lapas Khusus tersebut sudah lama dibicarakan dan diharapkan dapat mampu merubah karakter para narapidana dengan kasus berat.

"Ya, konsep ini sudah lama kita adakan dan akan terealisasi secepatnya," tandasnya. (Red/JJ)