|
find us on : 
Home > EKONOMI > BI : Penerapan E-Money di Jalan Tol Meningkat Drastis

BI : Penerapan E-Money di Jalan Tol Meningkat Drastis

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Oktober 2017 | 13:26:00
dibaca | 622 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Penerapan bayar tol menggunakan uang elektronik atau uang tunai di seluruh jalan tol di Indonesia akan segera dilakukan. Pasalnya sesuai rencana awal, penerapan ini akan berlaku mulai 31 Oktober 2017.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Pungky Purnomo Wibowo mengatakan hingga saat ini pemakaian e-money di jalan tol juga telah meningkat drastis.

"Data pemakaian e-money pembayaran di jalan tol kalo di Jabodetabek itu kurang lebih 84%-86%, di tingkat nasional 77%-78% dan tadi malam sudah 80%," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Menurutnya, untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik ini, tim elektronifikasi juga memberikan diskon gratis kartu di sejumlah gerbang tol. Namun ia menekankan yang gratis hanya kartunya tapi saldonya tetap bayar.

"Concern kami itu agak misslead. Kita punya program diskon pembayaran lewat e-money di jalan tol oleh perbankan, dimana kartu e-money we talk about kartu sendiri kan harganya Rp20 ribu jadi diskon Rp10 ribu atau diskon 50% sampe 30 September. Tapi sekarang sampai 31 Oktober diskon 100% jadi kartunya gratis," jelasnya.

Selain itu, dirinya menilai bahwa penggunaan uang elektronik di gerbang tol akan berjalan lancar dengan kerjasama antara petugas dan masyarakat. Saat ini masih terjadi kemacetan karena masyarakat masih belajar dalam program non tunai ini.

"Hal ini akan cukup baik dengan bantuan masyarakat, petugas gardu sangat membantu dan perbankan bantu uang elektroniknya," tukasnya. (Sri/JJ)