|
find us on : 
Home > NASIONAL > Kapolri Yakini Kemacetan Arus Mudik Lebaran akan Berkurang

Kapolri Yakini Kemacetan Arus Mudik Lebaran akan Berkurang

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 19 Juni 2017 | 13:06:08
dibaca | 748 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meyakini kemacetan arus mudik Lebaran 2017 akan jauh berkurang dibandingkan 2016. Sebab, pada 2016, exit Tol Brebes Timur yang menjadi titik utama kemacetan sudah diantisipasi dengan pembangunan tol fungsional sepanjang 110 kilometer hingga ke Grinsing mendekati Weleri dan Kendal.

"Tahun ini dengan dibangunnya 110 kilometer jalur tol yang meskipun belum sempurna tapi sudah bisa difungsikan dari Brebes Timur sampai dengan Grinsing sudah mendekati Weleri, Kendal, maka arus kita yakini dapat terurai," kata Tito saat apel gelar pasukan Operasi Ramadannya di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Sehingga, terang Tito, pemudik yang akan ke Pekalongan dan Tegal bisa melalui jalur tol fungsional tersebut. Sementara tol itu hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil saja. Untuk kendaraan seperti bus, dapat keluar di Tol Palimanan dan Brebes Barat.

Selain itu, exit Tol Brebes Timur pada 2016 juga menjadi titik keluar arus menuju selatan yaitu Cilacap, Purwokerto, dan Banyumas. Jalur ini sebelumnya terhambat dan menyebabkan macet lantaran ada lima lintasan kereta api.

"Setiap delapan menit ada kereta lewat lalu jalur ditutup yang mengakibatkan kemacetan luar biasa. Alhamdulillah tahun ini Kementerian PUPR sudah berhasil membangun 4 flyover sehingga lintasan kereta api tidak akan berpengaruh hanya satu lintasan kereta api yang belum dibangun (flyover). Satu yang tersisa setidaknya jauh lebih baik dibanding lima tahun lalu," katanya. (Bgs/JJ)