|
find us on : 
Home > NASIONAL > Program Duta 1000 HPK Meningkatkan Kualitas Asuhan Gizi Ibu Dan Anak

Program Duta 1000 HPK Meningkatkan Kualitas Asuhan Gizi Ibu Dan Anak

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 08 Juni 2017 | 19:40:15
dibaca | 2026 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Program Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah, program yang dirancang untuk mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam gerakan sadar gizi, dalam rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) melalui pendidikan gizi secara tepat dan benar sehingga dapat meningkatkan kualitas asuhan gizi ibu dan anak.

Hal tersebut dikatakan Presiden Direktur PKPU HI Agung Notowiguno dalam edukasi kegiatan mewujudkan penguatan kesadaran dan komitmen setiap warga masyarakat terhadap pentingnya masa 1000 HPK Program Duta 1000 HPK, di Cianjur Jawa barat," ungkap Manager Humas PKPU Human Initiative Sukismo dalam pesan tertulisnya di Jakarta Kamis (8/6/2017).

Dijelaskannya penyusunan program Duta 1000 HPK melalui proses edukasi berjenjang dengan melibatkan para ahli dari PDGMI, IDAI, POGI dan IBI. Program Duta 1000 HPK ini memberi edukasi kepada tenaga kesehatan (Bidan) dan kader Posyandu, yang disertai dengan program monitoring oleh para Bidan dan kader Posyandu kepada para ibu dan anak selama 1000 hari pertama kehidupan," jelasnya

Para Bidan dan kader Posyandu yang merupakan Duta 1000 HPK lanjutnya, akan mendapatkan pelatihan terkait dengan pentingnya gizi dalam 1000 hari pertama kehidupan, kehamilan yang sehat dan tumbuh kembang anak.

Setiap duta yang sudah melewati pelatihan akan melatih 20 bidan yang selanjutnya setiap bidan tersebut akan melatih 10 fasilitator sehingga informasi mengenai pentingnya 1000 hari pertama kehidupan tersebar secara luas dan tepat.

Hingga saat ini masih kata Kismo, terdapat 1.061 bidan edukator terlatih dan 448 kader fasilitator yang tersebar di 23 kota/ kabupaten se-Jawa Barat. Menurut data terakhir terdapat 48.275 ibu hamil di wilayah Jawa Barat yang terlibat dalam program Duta 1000 HPK, diharapkan keterlibatan para ibu dapat meningkatkan status gizi ibu dan anak serta menurunkan angka kematian pada ibu dan anak," pungkasnya.

Sementara Liste Zulhijwati, salah satu duta sekaligus ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Cianjur mengungkapkan, "Program Duta 1000 HPK ini sangat bermanfaat ini bagi masyarakat terutama ibu dan anak di kabupaten Cianjur.

Program ini sangat terkait dengan kebutuhan pertumbuhan, pekembangan gizi, dan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat. Dan besar harapan saya agar kegiatan ini dapat berdampak terhadap penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi di kabupaten Cianjur," ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, perlu dukungan agar program 1000 HPK ini dapat berjalan dengan baik dan didukung oleh semua elemen masyarakat, sehingga lebih banyak edukator dan fasilitator di kabupaten Cianjur yang dapat langsung menjangkau masyarakat disekelilingnya," tuturnya.

Tentunya, program ini berjalan atas adanya dukungan dari stakeholder lokal, baik dinas kesehatan maupun ikatan bidan kota/ kabupaten setempat.

Program Duta 1000 HPK yang digagas oleh Danone Ecosystem dengan menggandeng PKPU Human Initiative sebagai mitra lapangan.

Diharapkan kegiatan mewujudkan penguatan kesadaran dan komitmen setiap warga masyarakat terhadap pentingnya masa 1000 HPK. Lebih jauh, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan status gizi ibu dan anak dalam masa 1000 hari pertama kehidupan sebagai fondasi kesehatan awal yang menentukan kesehatan di masa depan," tutupnya.