|
find us on : 
Home > NASIONAL > IZI Gandeng UNHAS Makasar Salurkan Beasiswa

IZI Gandeng UNHAS Makasar Salurkan Beasiswa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 06 Juni 2017 | 23:27:04
dibaca | 550 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS). Hal ini dilakukan IZI, untuk menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa UNHAS yang membutuhkan.

Direktur Utama Insiatif Zakat Indonesia (IZI) Wildhan Dewayana menjelaskan," kerja sama yang dilakukan oleh IZI dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS) ini dimaksudkan untuk optimalisasi kemaslahatan bagi masyarakat melalui pengelolaan dana zakat, infaq, dan shodaqoh.

"Kita menyadari bahwa zakat merupakan potensi yang sangat besar, baik dari pengumpulan maupun penyaluran. Berdasarkan kalkulasi, potensi zakat, infaq dan shodaqoh di Indonesia mencapai sekitar 200 triliyunan rupiah kurang lebih. Saat ini, seluruh lembaga-lembaga resmi di Indonesia baru berhasil menggalang sekitar 3 triliyun rupiah, dan ini masih sangat sedikit," jelas Wildhan Dewayana ketika dihubungi Humas IZI Ricky Hafidz di Jakarta. Selasa (6/6/2017).

Wildhan menambahkan, dalam perencanaan bentuk kerjasamanya kedepan, IZI akan menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa UNHAS yang membutuhkan.

"Mahasiswa berprestasi maupun siswa yang berkeinginan melanjutkan pendidikan namun terhalang oleh biaya, tentu termasuk dalam Asnaf Zakat. Maka salah satunya kami lakukan jalinan kerjasama dengan memberikan beasiswa kepada anak bangsa yang bertekad melanjutkan pendidikan di Unhas ini," ujar Wildhan.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UNHAS, Dwia Aries Tina Pulubuhu menyatakan dukungannya terhadap kerjasama antara IZI dan UNHAS di Bidang Sosial dan Kemasyarakatan.

Keberadaan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menurutnya akan mempermudah menjalankan program kerjasama antara IZI dan UNHAS.

"Kami berharap agar seluruh Civitas Akademika UNHAS menyambut baik kerjasama ini dan dapat terlibat dalam aktifitas yang berkaitan dengan zakat, baik dalam pengumpulan, maupun penyalurannya. Ditambah sekarang ini telah hadir AMKI yang Insya Allah siap mendukung. Dan kami kira jika hal-hal ini bisa turut dikeloka bersama AMKI dengan memanfaatkan jaringannya itu justru akan lebih baik. Kita bersinergi untuk kemaslahatan umat," ungkap Dwia.

Selain itu, Wakil Rektor UNHAS Bidang Sosial Kemasyarakatan, Veni Hadju menyatakan bahwa, melalui program kerjasama ini berharap tidak hanya diperuntukkan mahasiswa saja, melainkan bisa dijadikan program untuk memandirikan Civitas UNHAS maupun masyarakat.

"Kita merancang program-program untuk membangun dan memandirikan masyarakat. Jadi dana zakat, infaq dan shodaqoh yang dikumpulkan dari Rektorat, Dosen, Staf, Alumni dan Orang Tua mahasiswa nantinya dapat dimanfaatkan untuk memandirikan karyawan-karyawati UNHAS maupun masyarakat. Karena fokus kita adalah memandirikan masyarakat," pungkas Veni.
(Red/JJ).