|
find us on : 
Home > HIBURAN > VIMAST Bangkitkan Dunia Cintai Budaya Indonesia

VIMAST Bangkitkan Dunia Cintai Budaya Indonesia

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 30 September 2016 | 09:42:55
dibaca | 8731 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Meski baru genap berusia satu tahun VIMAST yang kental dengan penambahan musik gamelannya, telah menghiasi blantika musik Indonesia melalui karya mereka. Dengan menggabungkan musik modern dan tradisional, V1MAST berhasil bangkitkan pada dunia, untuk lebih mengenal dan mencintai budaya indonesia.

V1MAST berhasil menjalani TourKurikulum sampai ke tanah Eropa, yaitu ke Bosnia & Herzegovina pada bulan Juni 2016 dan Praha pada bulan Agustus 2016. Disana grup yang beranggotakan Viza K. Mahasa (vokal, gitar, gamelan, angklung, dll) serta Vais Randi (drum dan sequencer) mengikuti festival dan kompetisi musik tingkat internasional.

"Musik V1MAST dan respon yang diterima sungguh luar biasa, di Bosnia & Herzegovina, dalam kompetisi musik dan budaya Dukat Fest 2016 yang diikuti 32 negara, V1MAST dapat menunjukkan taring Indonesia dengan mendapatkan kemenangan untuk titel Best Ensemble Performance," ujar Viza kepada wartawan di De Leila, FX Jakarta, Kamis (29/9).

Viza menjelaskan, di Praha, kami mendapatkan penghargaan khusus dari Bapak Aulia A. Rachman, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, sebagai musisi yang berhasil membawa musik Indonesia ke pasar internasional di acara Indonesian Trade Expo dan World Music Festival 2016. Hal ini merupakan prestasi yang pastinya kami syukuri dan ingin kembangkan lagi," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Eropa, Vais bercerita bahwa V1MAST meninggalkan angklung dan beberapa alat musik lainnya agar masyarakat internasional bisa belajar musik Indonesia. Sepulangnya ke Indonesia, mereka langsung merilis lagu Yogya Love Story, sebagai hadiah untuk masyarakat Indonesia. Tujuannya agar selalu ingat bahwa musik tradisional Indonesia itu bisa nge-blend sama genre apapun.

Single ini merupakan kisah cinta ABG (Anak Baru Gede) yang digambarkan melalui keindahan alam Indonesia, tepatnya kota Yogyakarta. Single ini berhasil membuat pendengar musik Eropa jatuh cinta pada Indonesia, diharapkan sambutan masyarakat Indonesia juga bisa demikian, bahkan lebih, karena musik yang V1MAST coba bawakan ini, mengandung karakter musik bangsa Indonesia.

"Semoga musik kami bisa mengambil hati masyarakat Indonesia. Kita harus bangga, Jadi hari ini, sebagai tanda V1MAST satu tahun, kami juga ingin mengumumkan bahwa single kedua V1MAST, Jogja Love Story, sudah bisa dinikmati penikmat musik Indonesia," ungkapnya.