|
find us on : 
Home > HIBURAN > Taman Buah Mekarsari Luncurkan Varian "Bibit Nangkadak Super Oranye"

Taman Buah Mekarsari Luncurkan Varian "Bibit Nangkadak Super Oranye"

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 19 November 2015 | 19:46:18
dibaca | 56332 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - CILEUNGSI -Nangkadak Mekarsari telah dikenal sebagai sosok buah unik nan eksotik yang merupakan hasil persilangan antara 'ibu nangka' dan ayah 'cempedak'. Buah ini memiliki cita rasa dan keunggulan yang diwarisi dari kedua tetuanya.

"Kini Taman Buah Mekarsari meluncurkan satu lagi varian nangkadak yang diberi nama : 'Nangkadak Super Orange' yang merupakan persilangan dari nangka dan cempedak (Artocarpus hybridus (A. heterophyllus X A. Integer)," kata Marcomm Mekarsari Taman Buah, Erick Ludwig, dalam siaran pers, Cileungsi, Kamis (19/11.2015).

"Tanaman ini merupakan salah satu hasil seleksi dari bibit nangkadak yang ditanam di Taman Buah Mekarsari pada tahun 2002,"jelasnya.

Sifat unggul yang dimiliki Nangkadak Super Oranye ini di antaranya adalah :
- Pohon bertajuk pendek dan rimbun
- Tanaman berumur genjah, 2-3 tahun setelah tanam sudah mulai berbuah
- Buah berbentuk silindris dengan ukuran sedang 3-6 kg/buah
- Kulit buah masak berwarna hijau kekuningan
- Kulit tipis dan mudah dikupas seperti kulit cempedak
- Daging buah tebal
- Rasa buah sangat manis dengan tekstur lembut
- Getah tidak terlalu banyak
- Aroma buah kuat
- Rasa jerami buah manis (bisa dikonsumsi)
- Warna daging buah yang lebih menarik, yaitu berwarna oranye atau jingga kemerahan
- Rasa buah lebih manis dengan ukuran 34-40 o Brix
- Jumlah pongge buah banyak antara 36 - 160 pongge (jauh lebih banyak dibanding nangkadak lainnya)
- Keberhasilan terbentuknya pongge/daging buah lebih besar tanpa perlu dibantu penyerbukan buatan

Erick menjelaskan, sifat-sifat unggul inilah yang menjawab beberapa kelemahan yang masih dimilki oleh nangkadak lainnya. Sehingga varian baru nangkadak ini berpotensi untuk dikembangkan secara luas di masyarakat. Nangkadak Super Oranye memiliki prospek besar untuk dapat mengisi kekurangan akan kebutuhan konsumen terhadap buah nangka dan cempedak di pasar lokal Indonesia,"ungkapnya.

Sebagai informasi, Taman Buah Mekarsari, pada bulan November 2015 meluncurkan penjualan produk bibit baru NANGKADAK SUPER ORANYE dengan stok terbatas . Ukuran yang dijual adalah bibit siap tanam berumur 1 - 2 tahun, dengan tinggi 50 - 100 cm. Untuk membelinya anda dapat datang langsung ke Taman Buah Mekarsari, Cileungsi-Bogor. Atau dapat memesan via telepon dengan membuka informasi dari website Mekarsari di www.mekarsari.com.

Dengan diluncurkannya varian baru nangkadak ini maka diharapkan dapat semakin memperkaya jenis buah unggul Indonesia, sehingga produk pertanian hortikultura Indonesia juga semakin berkembang dan mampu bersaing dengan produk impor. Taman Buah Mekarsari dengan tim risetnya, akan terus konsisten berkarya dalam program pengembangan hortikultura Indonesia, khususnya dalam menghasilkan bibit buah tropika yang bersifat unggul.(red/JJ)