|
find us on : 
Home > NASIONAL > Forum Bela Negara Dukung Pemerintah Dalam Program Bela Negara.

Forum Bela Negara Dukung Pemerintah Dalam Program Bela Negara.

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 Oktober 2015 | 12:00:40
dibaca | 37756 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kemenhan mengumumkan kebijakan program bela Negara bagi setiap warga negara berusia 50 tahun ke bawah wajib ikut program bela negara, yang nantinya selama satu bulan akan digembleng pelatihan fisik dan psikis di markas TNI.

"Dalam Bela Negara tersebut akan dilaksanakan Rindam atau batalyon, yang kerja sama dengan kepala daerah dan TNI setempat dan tinggal di asrama," kata Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Laksamana Pertama M Faizal dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10) kemarin.

Faizal menjelaskan, program pelatihannya sudah membuat secara matang standarisasinya. "Kami sudah buat standardisasi kurukulum, sudah digodok dan dirapatkan oleh kementerian lainnya. Ini akan dipakai untuk seterusnya di seluruh Indonesia. Bentuk pendidikannya, fisik harus siap sehat, kuat, dengan berlatih, psikis adalah mental," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, aturan bela negara diatur di UU Pertahanan, jadi ada kewajiban bela negara yang dilaksanakan dengan pendidikan dan penyadaran bela negara. "Kader yang sudah dibentuk harus dibina di organisasi masyarakat kader bela negara, tercatat di Kesbangpol. Mereka tidak akan kemana-mana," tutur dia.

Sementara itu, Sunan Kalijaga selaku Wakil Kepala Forum Bela Negara menegaskan, pihaknya siap mendukung program Presiden Jokowi dan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, karena Forum tersebut di bawah naungan langsung Potensi Pertahanan Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan RI Laksamanan Pertama M. Faizal, dengan terus menerus mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang pentingnya "Bela Negara", paparnya kepada wartawan usai acara.

Forum Bela Negara Republik Indonesia yang dipimpin oleh Laksaman Muda TNI Prof. Dr. Setyo Harnowo beserta jajaran dari berbagai unsur institusi dan elemen lapisan masyarakat saat ini sudah terbentuk di 33 perwakian Provinsi serta Kota / Kabupaten, sehingga dalam menjalan program pemerintah pusat Presiden Jokowi melalui Kementerian Pertahanan akan bersinergi dengan para pemimpin stake holder di daerah masing-masing.

Ditambahkan Sunan Kalijaga, target sasaran Forum Bela Negara yaitu para generasi muda harus mempunyai jiwa "Bela Negara" tak terkecuali dari kalangan artis-artis muda. "Saya beserta jajaran siap menjalankan Program sosialisasi "Bela Negara" terus menerus," pungkasnya di Pothan Kemhan. (Red/JJ)