|
find us on : 
Home > NASIONAL > Kepala BMKG Resmi Buka Sosialisasi Dengan Media Massa

Kepala BMKG Resmi Buka Sosialisasi Dengan Media Massa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 22 April 2014 | 19:24:19
dibaca | 8803 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara resmi membuka sosialisasi bidang meteorologi klimatologi dan geofisika kepada media massa di hotel RedTop,Jakarta,Selasa (22/04/2014).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesepahaman,membangun silaturahmi dengan media massa agar media dapat membantu masyarakat tentang BMKG. Dengan mengusung tema bahaya menjadi bencana kita dapat memahami mengapa terjadi bencana.

Andi Eka Sakya selaku kepala BMKG mengatakan "Segala informasi yang diberikan terkait iklim baik yang bisa diprediksi ataupun yang tidak bisa diprediksi, tentunya tidak bisa terlepas dari peran media massa sebagai penghubung informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Agar menjalin kerjasama erat, sambungnya, BMKG membentuk kepengurusan Forum Komunikasi Wartawan BMKG periode pertama 2014-2015.

BMKG, mempunyai tugas untuk memberikan informasi awal yang akan diberikan kepada masyarakat terkait pengamatan dan perubahan iklim secara akurat kepada masyarakat.

Selain itu, peran media baik itu online, cetak ataupun yang elektronik, pastinya akan sampai kemasyarakat. Karena media mampu memberikan peningkatan pemahaman kepada masyarakat terkait iklim dan bencana, agar tidak terjadi korban jiwa.

Mengapa terjadi bencana ?,Hal ini dikarenakan bahwa pertama,kita tidak memahami mekanisme fenomena terjadinya bencana alam. Kedua,semakin rentannya daya dukung alam. Ketiga,tidak tersedianya sistem peringatan dini. Dan Keempat,ketidak berdayaan masyarakat.jelasnya

Ada lima Diseminasi diantaranya, Pemerintah,Swasta,Perguruan Tinggi,Lembaga Riset,dan Jejaring Media. Pilar ini perlu kita dorong untuk dapat bekerjasama dan dapat memahami kecenderungan terjadinya bencana,agar kita tidak menjadi korban.

Media tentunya memberi peran untuk membantu memberikan informasi terkait Meteorologi dan Geofisika itu sendiri. "Sosialisasi ini yang pertama kali dilakukan, sejak dimulainya kerjasama informasi dengan media ditahun 2009," jelasnya.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrohim,sosialisasi bidang meteorologi klimatologi dan geofisika kepada media massa secara resmi saya nyatakan dibuka." pungkasnya.(yudi/jj)