|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Gelar Wisuda Ke-68, Rektor Unindra PGRI: 2029, Unindra Siap Menjadi Excellent Teaching University

Gelar Wisuda Ke-68, Rektor Unindra PGRI: 2029, Unindra Siap Menjadi Excellent Teaching University

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 04 September 2019 | 22:02:10
dibaca | 595 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) telah menyelenggarakan kegiatan akademik berupa Wisuda Ke-68 yang dilaksanakan di Gedung Sasano Utomo, TMII, Jakarta Timur, Rabu (4/9). Upacara Wisuda ini dilaksanakan dengan Sidang Terbuka senat Universitas yang dipimpin langsung oleh Rektor Unindra merangkap Senat Universitas, Prof. Dr. H. Sumaryoto.

Adapun mahasiswa yang di wisudakan berjumlah 1.172 orang yang terdiri dari 150 Mahasiswa Program Pascasarjana (S2) yang terdiri dari Program Magister Pendidikan IPS (S2) 35 orang, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) 20 orang, Program Magister Pendidikan MIPA (S2) 55 orang, dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) 40 orang.

Dan 1.022 Mahasiswa Program Sarjana (S1) yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial (FIPPS) untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1) 65 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) 240 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) 17 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA) untuk Program Studi Pendidikan Matematika (S1) 87 orang, Program Studi Pendidikan Biologi (S1) 28 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika (S1) 9 orang.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 140 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1) 61 orang dan Desain Komunikasi Visual 31 orang.

Fakultas Teknik Informatika dan Komputer (FTIK) Program Teknik Informatika (S1) 290 orang, Program Teknik Industri (S1) 40 orang, dan Program Teknik Arsitektur (S1) 14 orang.

Dalam sambutannya, Rektor Unindra PGRI, Prof. Dr. H. Sumaryoto mengatakan bahwa Unindra PGRI telah menerima mahasiswa baru untuk periode semester gasal 2019/2020 sebanyak 11.067 mahasiswa baru yang terdiri atas 10.242 mahasiswa S1 dan 843 mahasiswa S2.

"Dengan jumlah ini, insyaallah mahasiswa aktif, Unindra dan seluruhnya mencapai 36.752 mahasiswa. Dengan jumlah yang besar ini tentunya tenaga pengajar atau dosen yang memadai dengan aturan-aturan dari Ristekdikti, sehingga untuk semester ini kita sudah menugaskan sebanyak 1.087 Dosen di Unindra PGRI", ujarnya.

Beliau mengatakan bahwa dengan ketentuan kualifikasi dosen, Unindra sudah tahun ke-2 melaksanakan studi lanjut dosen dengan mencapai 94 dosen yang menuntut studi S3.

"Kami sudah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yaitu dengan Universitas Pakuan Bogor, Universitas Borobudur Jakarta, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Jadi seluruh program studi yang ada di Unindra sudah ter-cover dengan 4 Perguruan Tinggi ini, Insyallah sesuai dengan visi dan misi Unindra untuk tahun 2029, sepuluh tahun kedepan kita bisa menjadi "Excellent Teaching University" yaitu perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran", tegas Rektor.

Selain itu, lanjutnya, September ini Unindra sudah merintis program Pendidikan Jarak Jauh yang nanti dimulai untuk program pasacasarjana. "Jadi dengan jarak dan waktu sekarang sudah bisa dikembangkan menjadi lebih mudah yaitu dengan Pendidikan Jarak Jauh. Ini tentunya sudah sejalan dengan Peraturan Menristekdikti No.51 Tahun 2018 yang pada intinya Unindra akan berusaha berkonsisten mungkin melaksanakan aturan-aturan yang dilakukan untuk Pendidikan TInggi", ungkapnya.

Rektor Unindra PGRI juga menjelaskan bahwa selain dengan program akademik, dalam segi Abdimas, Unindra sudah membuat MoU dalam rangka pengembangan GeoPark Nasional di Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Kebumen. "Ini merupakan suatu kerjasama yang dirintis dengan pemerintah daerah dan ini sudah berskala International, sehingga Unindra mendapat suatu kepercayaan untuk terlibat dalam berbagai bidang dalam rangka GeoPark ini", jelasnya Prof. Dr. H. Sumaryoto.

Dalam kesempatan tersebut, para wisudawan juga telah dibekali dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI, Dr. Sri Hapsari yang berjudul "Peran Alumni Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Koridor Nilai-Nilai Profetik".

Selain Rektor beserta jajarannya dan para Dosen, Wisuda juga dihadiri oleh Koordinator LL Dikti Wilayah III, PB PGRI, Pengurus Yayasan (YPLP PT), dan lain-lain. (Bgs)

BERITA TERKAIT :