|
find us on : 
Home > MEGAPOLITAN > Dishub DKI: Perluasan Ganjil-Genap Akan Diterapkan Sepanjang Tahun

Dishub DKI: Perluasan Ganjil-Genap Akan Diterapkan Sepanjang Tahun

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 07 Agustus 2019 | 13:57:53
dibaca | 343 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Pembatasan kendaraan bermotor di DKI Jakarta dengan sistem Ganjil-Genap diperluas ke sejumlah ruas jalan.bSalah satu dasar perluasan itu adalah kualitas udara.

"Jadi setelah kami melakukan evaluasi kemudian analisis terhadap implementasi ganjil genap yang digunakan selama satu semester kemarin maka kemudian kita dapatkan hasil analisa bahwa terjadi peningkatan kinerja lalu lintas pada ruas jalan yg saat ini sudah diterapkan ganjil genap," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Rabu (7/8/2019).

Syafrin mengatakan di sisi lain, ada peningkatan kualitas lingkungan di ruas jalan yang diberlakukan Ganjil-Genap. Salah satunya adalah kualitas udara.

"Di sisi lain bahwa terjadi juga peningkatan kualitas lingkungan dalam konteks ini adalah adanya perbaikan kualitas udara pada koridor-koridor di mana Ganjil Genap tersebut diberlakukan," ungkapnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Anies Baswedan awalnya menerbitkan Ingub 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Meski ada kaitannya dengan kualitas udara, perluasan Ganjil-Genap ini tidak mengenal musim.

"Untuk penerapan ganjil genap akan sepanjang tahun. Jadi tidak dibatasi oleh musim kemarau dan atau penghujan," ujarnya.

Berikut timeline penerapan Ganjil Genap versi baru ini:

Sosialisasi: 7 Agustus-8 September 2019
Uji Coba: 12 Agustus-6 September 2019
Implementasi dan penegakan hukum: 9 September 2019
(Bgs)

BERITA TERKAIT :