|
find us on : 
Home > KESEHATAN > Kenali Pentingnya Pemberian Imunisasi PCV Pada Anak

Kenali Pentingnya Pemberian Imunisasi PCV Pada Anak

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 22 April 2019 | 18:18:04
dibaca | 1261 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Dr. Natasha Yuwanita, SpA., selaku Spesialis Anak RS Siloam Bekasi Timur menegaskan bahwa pentingnya pemberian Imunisasi PCV pada anak.

Dikatakannya, tujuan pemberian imunisasi PCV adalah untuk merangsang pembentukan imunitas atau kekebalan terhadap infeksi kuman Streptococcus Pneumaniae, atau kuman Pneumokokus yang dapat menular melalui udara," katanya.

Hal tersebut dijelaskan oleh Dr. Natasha Yuwanita, SpA., dalam acara Media Gathering Yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Siloam Area Bekasi (RS Siloam Bekasi Timur, RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya dan RS Sentosa-Siloam Hospitals Group "SHG") di RS Siloam Sepanjang Jaya Rawalumbu, Bekasi, Senin (22/4/2019).

Menurutnya, Manfaat pemberian imunisasi PCV adalah untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Invasive Peumococcal Diseases (IPD) yang dapat berupa, Meningitis atau peradangan pada selaput otak, bakteremia atau infeksi bakteri dalam darah, serta pneumonia atau peradangan pada paru paru.

"Pemberian imunisasi PCV memiliki jadwal yang harus diikuti oleh para ibu mulai dari anak berusia 2 bulan hingga anak berusia 2 tahun", tegasnya.

Dosis pertama, lanjutnya, sudah dapat diberikan sejak seorang anak berusia 2 bulan, dosis kedua pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 4 bulan. Dosis ketiga pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 6 bulan. Dan dosis keempat pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 12 -15 bulan atau 2 tahun.

"Pemberian imunisasi / vaksin akan memberikan reaksi terhadap tubuh anak, oleh karena itu para ibu tidak perlu khawatir dengan reaksi vaksin setelah anak mendapatkan imunisasi", ungkapnya.

"Beberapa reaksi vaksin yang akan dialami setelah imunisasi yaitu nafsu makan berkurang, kemerahan dan nyeri pada tempat injeksi, demam ringan dan anak menjadi lebih rewel," pungkasnya. (Bgs)

BERITA TERKAIT :