|
find us on : 
Home > MELITER > Pasis Sesau A-11 Gelar Seminar Nasional Bertajuk 'Peran TNI dalam Penanganan Bencana'

Pasis Sesau A-11 Gelar Seminar Nasional Bertajuk 'Peran TNI dalam Penanganan Bencana'

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 April 2019 | 17:56:38
dibaca | 1441 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau) Angkatan ke-11 T.P 2019 menggelar seminar Nasional dan dibuka secara resmi oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ermawan,T,. M.D.S., bertempat di Bangsal Srutasala kampus Seskoau Lembang, Selasa (16/4).

Selain di hadiri oleh Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya M.Tr (Han) dalam acara seminar ini juga dihadiri oleh para pejabat setingkat Direktur, para Dosen, Dankorsis, Patun dan undangan dari mahasiswa Universitas Padjajara maupun mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung.

Dengan mengusung tema "Sinergitas Peran TNI/TNI AU bersama Kementerian dan Lembaga Negara Terkait Dalam Rangka Penanganan Bencana" menghadirkan beberapa narasumber dari Mabes TNI di diwakili oleh Kol Inf Suswatyo, S.I.P., dan dari BNPP/BASARNAS diwakili oleh Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M.

Sesau A-11 diikuti sebanyak 48 Perwira Menengah terdiri dari Pasis Pria 43 dan 5 Pasis Wara berasal dari berbagai kesatuan baik dari pusat maupun dari daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Danseskoau Marsda TNI Donny Ernawan,T,. M.D.S., dalam sambutanya mengatakan, Sebagimana telah kita saksikan bersama, tadi telah diserahkan palu seminar kepada Ketua Seminar dan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan Pasis, hal ini menandai dimulainya seminar Pasis Sesau Angkatan ke-11 TP 2019, yang berlangsung selama dua hari ke depan.

"Dengan mengambil tema "Peran TNI AU Dalam Penanganan Bencana", menjadikan tema dalam seminar yang menarik dan hangat saat ini", ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam rangka pembuatan naskah seminar, para Pasis telah melakukan observasi, riset lapangan dan wawancara dengan melaksanakan Kuliah Kerja ke Kemensos RI, BNPB, Basarnas, PMI Pusat, Sopsau Mabesau dan Lanud Halim PK beberapa waktu silam.

Dikatakan lebih lanjut, dalam kunjungan Kuliah Kerja tersebut, para Pasis Sesau juga telah mendapatkan beberapa pembekalan antara lain telah disampaikan ruang lingkup dan tugas pokok serta permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi Kemensos RI, BNPB, Basarnas, PMI Pusat, Sopsau Mabesau dan Lanud Halim PK mengenai penanggulangan bencana sehingga para Pasis mendapat gambaran yang lebih jelas dan menyeluruh mengenai penanggulangan bencana yang sedang, sudah, dan akan dilakukan oleh keenam intansi yang dikunjungi, pungkasnya.

Seminar Nasional Pasis Sesau A-11 merupakan salah satu tahapan materi pendidikan yang harus di tempuh agar Perwira Siswa dituntut untuk bekerja lebih keras, berpartisipasi aktif dan serius serta semangat juang yang tinggi dengan bekal pengetahuan yang terus berkembang.

Dengan kegiatan seminar ini para Pasis Sesau akan dapat memanfaatkan, sebagai sarana untuk mengaplikasikan pelajaran-pelajaran yang telah diterima, antara lain teori manjemen, pengenalan temu ilmiah, teori analisis dan berpikir kritis, serta berbicara efektif.

Selain itu menjalin kerja sama dan bekerja bersama antar Pasis sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, baik sebagai SC, OC, Tim Perumus maupun peserta sebagai kunci keberhasilan dalam seminar. Semianar Pasis Sesau sejak awal di buka berjalan dengan tertib, lancar dan penuh semangat. (Bgs)

BERITA TERKAIT :