|
find us on : 
Home > MELITER > Kaskoopsau I Buka Latihan Survival Tempur 'Madhi Yudha' 2019

Kaskoopsau I Buka Latihan Survival Tempur 'Madhi Yudha' 2019

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 25 Maret 2019 | 20:17:37
dibaca | 595 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kepala Staf Koopsau I Marsekal Pertama TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr (Han) membuka Latihan Survival Tempur "Madhi Yudha" tahun 2019, di Lapangan Upacara Makoopsau I, Jakarta. Senin (25/3). Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan oleh Kaskoopsau I kepada perwakilan Kolat (Komando Latihan) dan Pelaku.

Upacara pembukaan Latihan Madhi Yudha dihadiri oleh, Danwing Paskhas, Dansat Bravo, para Asisten dan Pejabat Makoopsau I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Makoopsau I, serta para pelaku Latihan. Latihan Survival Tempur "Madhi Yudha" 2019 diikuti 116 peserta latihan dan 84 pendukung latihan. Direncanakan latihan akan dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 27 Maret 2019 mendatang di Wilayah Rumpin Bogor, Jawa Barat.

Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kaskoopsau I menjelaskan Latihan Survival Tempur Madhi Yudha dimaksudkan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme kegiatan latihan survival tempur secara tepat guna dan berhasil guna, dalam rangka menghadapi kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi, serta meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat di jajaran Koopsau I apabila mengalami keadaan darurat di daerah musuh.

Melalui latihan survival tempur, lanjut Pangkoopsau I diharapkan dapat meningkatkan kemampuan awak pesawat untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keadaan keterbatasan untuk hidup di darat maupun di laut.

Lebih lanjut Panglima mengatakan bahwa Latihan seperti ini merupakan kegiatan refreshing wajib bagi kalian para awak pesawat, karena sebelumnya para pelaku latihan telah dibekali dengan pengetahuan secara teoritis, juga telah dibekali latihan survival dasar di Lanud masing-masing.

Dalam Latihan ini para peserta akan melaksanakan empat tahapan latihan yaitu tahap survival atau tahap survive, tahap evasion yaitu tahap untuk menghindari pengamatan/penangkapan musuh, tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau disebut escape. Empat tahapan dikenal dengan istilah SERE yaitu survive, evasion, resistance dan escape.

Latihan Survival Tempur "Madhi Yudha" tahun 2019 melibatkan unsur satuan di jajaran Koopsau I seperti penerbang dan crew dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Skadron Udara 2 Lanud Halim PK, Skadron 17 Lanud Halim PK, Skadron Udara 31 Lanud Halim PK, Skadron Udara 45 Lanud Halim PK, Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Skadron Udara 7 Lanud Suryadharma, Skadron Udara 12 dan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan Skadron 51 Lanud Supadio. (Bgs)

BERITA TERKAIT :