|
find us on : 
Home > MELITER > Mantan Danseskoal ke-27 Beri Pasis Dikreg Seskoal Ilmu Prinsip Manajeman Ketahanan

Mantan Danseskoal ke-27 Beri Pasis Dikreg Seskoal Ilmu Prinsip Manajeman Ketahanan

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 14 Maret 2019 | 20:58:26
dibaca | 928 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sebanyak 138 Perwira Mahasiswa (Pasis) Dikreg Seskoal TNI AL, 2 Pasis TNI AD serta 2 Pasis TNI AU, 8 Pasis Negara Sahabat dari Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang dan Thailand, menerima ilmu tentang Prinsip-prinsip Manajemen Pertahanan yang disampaikan Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Moch. Jurianto, S.E., M.M di Kelas A Gedung RE. Martadinata, Seskoal Cipulir Jakarta Selatan, Kamis (14/03).

Mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) ke-27 tahun 2008 Ini , menyampaikan beberapa topik pembahasan antara lain tentang Perkembangan Pertahanan Negara, Teori Manajemen Pertahanan Negara, Prinsip-prinsip Manajemen Hanneg dan Perencanaan Pertahanan Negara serta Penerapan/implementasinya.

Pertahanan negara dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman, hal itu sesuai UU nomor 3 tahun 2002. Agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka pertahanan negara harus dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen pertahanan negara.

Lebih lanjut dikatakan bahwa perencanaan pertahanan negara merupakan proses perumusan / formulasi, pemilihan, dan penetapan kebijakan dan strategi pertahanan negara yang tepat untuk mencapai tujuan pertahanan negara. Untuk itu, penerapan atau implementasi harus melalui proses penerapan kebijakan dan strategi pertahanan negara "terpilih" yaitu melalui analisis kelayakan penerapan jakstra dan eksekusi kebijakan dan strategi.

?Sedangkan proses pengawasan, pengendalian, dan evaluasi terhadap proses perencanaan, proses pelaksanaan dan hasil yang dicapai digunakan sebagai umpan balik untuk menyempurnakan tujuan pertahanan negara", ujar Jurianto.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., para Pejabat Utama Seskoal, serta Patun dan Dosen Seskoal. (Bgs)

BERITA TERKAIT :