|
find us on : 
Home > POHUKAM > Pengadilan Tinggi DKI Gelar Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah 24 Advokat

Pengadilan Tinggi DKI Gelar Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah 24 Advokat

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 21 Februari 2019 | 13:38:19
dibaca | 1288 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Pengadilan Tinggi DKI Jakarta gelar sidang terbuka "Pengambilan Sumpah Advokat Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta" Kepada 24 Advokat. Bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jl. Letnan Jenderal Suprapto Jakarta Pusat Kamis (21/2/2019).

Pengambilan Sumpah yang diikuti oleh 24 calon Advokat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Bapak Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum. didampingi Majelis Hakim, dan Panitera Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Serta dihadiri oleh Sekjen Mahkamah Agung. Vice Presiden Kongres Advokat Indonesia, Sekjen KAI, Pelaksana Tugas Ketua DPD Kongres Advokat DKI Jakarta, Para Advokat, serta Keluarga Advokat.

Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Bapak Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum.dalam sambutannya mengatakan, hari ini atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa kita dapat hadir ditempat ini dalam rangka menghadiri dan menyaksikan acara pengambilan sumpah atau janji, kepada para Advokat yang diusulkan oleh Kongres Advokat Indonesia (KAI).

"Saya sampaikan selamat kepada para advokat yang baru saja diambil sumpah atau janjinya hari ini," ujarnya.

Pengambilan sumpah ini lanjutnya merupakan bentuk pelayanan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta kepada masyarakat yang oleh UU dibebankan kepada, Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta untuk melakukan penyumpahan. Sehingga dengan demikian, hari ini kami telah melaksanakan tugas untuk dalam rangka pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.

Dikatakannya walaupun tempat yang digunakan untuk penyumpahan ini cukup sempit, namun dirinya meyakini bahwa tempat ini merupakan ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jakarta. Dan kami pilih tempat ini untuk saudara-saudara.

"Tempat ini hanya digunakan untuk sidang terbuka untuk pengambilan sumpah para advokat," tegasnya.

Usai pengambilan sumpah akan dikeluarkan berita acara sumpah untuk menjadikan pegangan dalam melaksanakan tugas di pengadilan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Bapak Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum meminta agar para Advokat yang baru diambil sumpah dan janjinya, supaya berita acara sumpah ini disimpan dengan baik. Dengan penyumpahan hari ini, berarti saudara telah resmi menjadi penegak hukum, sama seperti penegak hukum yang lain. yang berbeda hanyalah fungsi dan tugasnya.

"Jagalah kode etik sebagai advokat. Saya yakin saudara saudara akan mulus jalannya. Saudara akan ketemu dilapangan dari berbagai serikat pengacara oleh karena itu secara umum marilah menjaga nama baik profesi advokat ini.

"Saya tidak pernah ragu mengenai negara hukum indonesia ini, tetap kita harus pertahankan, saudara harus mengambil bagian dalam mempertahankan negara hukum ini.

Karena itu sebagai advokat harus berani , tapi bukan sembarang berani, tapi berani harus didukung dengan ilmu pengetahuan.

Saya berharap saudara saudara sukses dilapangan. karena itu ikutilah perkembangan hukum ini, kalau anda tidak rajin membaca, saudara saudara pasti akan ketinggalan.

jagalah nama baik KAI karena dari situ saudara berasal kemudian diusulkan ke PT. setelah kalian memenuhi syarat. maka ditetapkanlah hari inibsebagai hari penyumpahan.

Salam untuk keluarga saudara. jangan lupa keluarga jaga rumah tangga.

" kalau ada keluarga atau istri saudara yang lapor ke Pengadilan Tinggi . Saya akan cabut itu berita acara sumpah," tutupnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian selamat kepada para Advokat yang sudah disumpah.

Sementara ditempat terpisah ketua Kongres Advokat Indonesia Nurdamewati Sihite, SH,. M.H, mengatakan, hari ini kita dilantik sebanyak 24 orang, dan kita bersyukur hari ini bisa dihadiri oleh Sekjen Mahkamah Agung," ujarnya.

Penyumpahan KAI ini merupakan kali ke duanya. Dirinya berharap, kedepan, advokat advokat yang di KAI ini benar benar tetap menegakkan keadilan sesuai dengan janji yang sudah di ungkapkan," pungkasnya.

BERITA TERKAIT :