|
find us on : 
Home > EKONOMI > Chatib Basri: Langkah Awal Menuju Govermance Capital

Chatib Basri: Langkah Awal Menuju Govermance Capital

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 04 Februari 2014 | 22:04:17
dibaca | 8254 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Menteri Keuangan, Chatib Basri memuji langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menyusun Peta Jalan Tata Kelola Perusahaan Indonesia (Road Map Good Corporate Governance). Hal itu menurut Chatib merupakan langkah awal pembangunan governance yang baik dalam pasar keuangan nasional.

"Apa yang dilakukan OJK dan International Finance Cooperation (IFC) merupakan langkah awal menuju governance capital market yang lebih baik," kata Chatib saat menghadiri acara Launch of the Corporate Roadmap Corporate Governance Manual di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, penerapan Good Governance Cooperation (GCG) bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilaksanakan. Chatib menilai, perlunya dilakukan pengawasan oleh instansi yang berwenang. Untuk itu, lanjut Chatib, seluruh pihak terkait perlu memitigasi langkah OJK ini ke depannya.

"Ini yang dilakukan OJK dan IFC, kita bicara mengenai tingkat kepatuhan yang harus dipenuhi, GCG bukan hal mudah. Persoalannya bagaimana kita memitigiasi apa yang dilakukan OJK ini," tandasnya.

Seperti diketahui, GCG Roadmap merupakan hasil susunan seluruh pemangku kepentingan Tata Kelola Perusahaan di Indonesia. Ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam melakukan perbaikan praktek dan regulasi tata kelola yang baik bagi perusahaan di Indonesia secara komprehensif, khususnya untuk emiten dan perusahaan publik.(BH/Red)