|
find us on : 
Home > MELITER > Kasal Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Marinir

Kasal Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Marinir

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 November 2018 | 02:54:58
dibaca | 964 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Korps Marinir di Lapangan Apel Bhumi Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Kamis (15/11).

Sebelumnya telah dilaksanakan pengukuhan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, yang ditandai dengan pemasangan baret Marinir, dan penyematan brevet yang dilakukan langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han).

Dihadapan 2.519 prajurit Marinir, Kasal mengucapkan terima kasih atas acara pembaretan dan pengangkatan sebagai warga kehormatan Korps Marinir.

"Rasa bangga dan hormat atas pengukuhan ini, memberikan implikasi pada tanggung jawab yang sangat besar, untuk senantiasa membina menjaga citra dan meningkatkan kemampuan tempur, serta profesionalisme prajurit di jajaran Korps Marinir", ujarnya.

Dalam sambutannya Kasal juga menyampaikan bahwa upacara ulang tahun Korps Marinir sesungguhnya puncak dari seremonial untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan dan kehormatan bagi prajurit Marinir.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan, pencapaian setiap tugas merupakan sebuah kehormatan dan kepercayaan, oleh karena itu tugas yang diemban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semaksimal mungkin.

"Hal ini adalah wujud pembinaan berkelanjutan Korps Marinir dalam membentuk prajurit pejuang, profesional dan berkarakter guna menjadi unsur kekuatan tempur yang tangguh. Keberhasilan Koprs Marinir tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dengan masyarakat. untuk itu, kepercayaan dan kebersamaan tersebut harus terus dibina dan dipertahankan", tegas Kasal.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Korps Marinir tahun 2018 ini, mengangkat tema "Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional". Selain upacara parade dan defile pasukan serta kendaraan tempur, peringatan kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dari para prajurit baret ungu TNI AL itu, diantaranya demo Tari Gandrung Banyuwangi, Tembak Reaksi, serta free fall gabungan dari 76 peterjun gabungan TNI Polri.

Penerjunan yang diikuti oleh 10 peterjun TNI Angkatan Darat, 46 peterjun TNI Angkatan Laut, 10 peterjun TNI Angkatan Udara dan 10 peterjun dari Kepolisian Republik Indonesia tersebut, dilakukan dengan ketinggian 7000 feet dilaksanakan dalam 1 sorty dibagi menjadi 2 run menggunakan pesawat Cassa U-6212 Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal Surabaya dan pesawat Hercules C-130 (A-1316) Skuadron 32 Lanud Abdul Rahman Saleh Malang.

Berbagai material tempur Korps Marinir juga yang dikerahkan dalam defile diantaranya: 2 Tank PT-76, 2 Tank BMP-3 F, 2 LVT-7A1, 4 Roket Multilaras RM-70 Vampire, 2 Sea Rider, 2 Truk Liaz, 2 Dump truk, 2 Mobil EOD, 2 Mobil Radar Hughes, 2 unit Kendaraan Kawal, 1 Komob, 1 Monob, 2 Ganila, 2 Ranbeng, 1 Exavator, dan 1 Doozer.

Pada kesempatan HUT ke-73 ini, Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji melakukan pemotongan tumpeng dilanjutkan makan bersama dengan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL dipandu oleh presenter Choky Sitohang.

Turut hadir pada peringatan HUT ke-73 Korps Marinir para pejabat negara antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon, Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., Para Sesepuh Korps Marinir dan mantan Dankormar, para Pejabat TNI, POLRI dan Sipil, serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap Aparatur Sipil Negara dijajaran Korps Marinir. (Bgs)