|
find us on : 
Home > MELITER > Kasau: Kodiklatau Harus Bersikap Proaktif, Terapkan Pola Didik yang Baik Bagi Prajurit TNI AU

Kasau: Kodiklatau Harus Bersikap Proaktif, Terapkan Pola Didik yang Baik Bagi Prajurit TNI AU

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 November 2018 | 02:24:38
dibaca | 1837 Kali

JurnalJakarta.com - Kondisi saat ini masih marak dengan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh sebagian prajurit, diantaranya perkelahian antara TNI/Polri, Narkoba, Kriminalitas, Asusila dan sebagainya. Semua tindakan tersebut dapat dipastikan akan merugikan diri sendiri, keluarga, dan juga satuan.

Oleh karena itu Kodiklatau harus mengambil sikap proaktif dengan menerapkan pola pengajaran dan pendidikan yang baik dan benar bagi prajurit TNI AU.

Demikian ditegaskan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Pelatihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsda TNI Andjar Sungkowo S.E., Mr (Han)., dalam upacara peringatan HUT Ke-73 Kodiklatau yang dilaksanakan di Lapangan Makodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Lebih lanjut, Kasau mengatakan bahwa, Momen peringatan ulang tahun ini hendaknya dapat dimanfaatkan oleh segenap personel Kodiklatau sebagai wahana intropeksi dan evaluasi terhadap hakekat keberadaan dan pengabdian Kodiklatau, sekaligus untuk merumuskan langkah dalam menghadapi tantangan dan tuntutan tugas dimasa depan.

"Kodiklatau telah berhasil meraih berbagai prestasi dalam setiap pelaksanaan tugas dalam kurun waktu 73 tahun pengabdian. Hal tersebut, hendaknya dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk semakin memantapkan peran, tugas dan fungsi Kodiklatau sebagai salah satu komando utama TNI AU yang dibanggakan", jelasnya.

Peringatan HUT Ke-73 Kodiklatau yang diikuti oleh seluruh Personel Kodiklatau kali ini mengangkat tema "Dilandasi Keiklhasan, Disiplin dan Profesionalitas, Kodiklatau Siap Meningkatkan Pengabdian".

Dalam amanatnya, Kasau menjelaskan bahwa, Keberhasilan TNI Angkatan Udara dapat diukur dengan kualitas kesiapan operasional alutsista dan seluruh sistem serta perangkat lunak yang mendukungnya. Peralatan modern dan canggih bukan merupakan jaminan keberhasilan pelaksanaan tugas, akan tetapi harus diimbangi dengan kualitas personel yang memiliki jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional.

"Dalam konteks inilah peran kodiklatau menjadi sangat penting karena kodiklatau merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap kualitas didik personel TNI AU. Kodiklatau harus senantiasa berbenah diri agar proses pendidikan berjalan selaras dengan selalu mengikuti dinamika Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terus berkembang", ungkap Kasau.

Kasau berharap kepada para seluruh peronel Kodiklatau untuk tetap mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dalam usianya yang ke-73 tahun ini.

Mengakhiri amanatnya yang dibacakan oleh Dankodiklatau, Kasau memberikan penekanan kepada personel Kodiklatau, Pegang teguh dispilin keprajuritan dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumapah Prajurit dan Delapan wajib TNI serta Panca Prasetya Korpri bagi PNS sebagai upaya memelihara citra TNI AU.

"Jadilah tugas sebagai ibadah dan kehormatan yang dilaksanakan secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab", pungkas Kasau.

Usai melaksanakan upacara, seluruh personel Kodiklatau mengikuti acara syukuran HUT Ke-73 Kodiklatau. Syukuran tersebut dilaksanakan dalam rangka mensyukuri hal-hal yang telah dilaksanakan oleh Kodiklatau.

Dankodiklatau Marsda TNI Andjar Sungkowo S.E., Mr (Han)., berharap bahwa hari jadi yang ke-73 ini, Kodiklatau agar lebih meningkatkan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional untuk menghadapi tantangan-tantangan globalisasi yang akan datang. (Bgs)