|
find us on : 
Home > MELITER > Melatih Disiplin Sejak Dini, Pramuka di Puncak Jaya Latihan Baris Berbaris

Melatih Disiplin Sejak Dini, Pramuka di Puncak Jaya Latihan Baris Berbaris

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Oktober 2018 | 21:00:24
dibaca | 2044 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 1714/Puncak Jaya yang berjumlah 50 orang menerima pelajaran baris berbaris dari anggota Kodim 1714/PJ bersama tim pembinaan masyarakat TNI dilapangan upacara SMPN 1 Mulia kampung Perleme distrik Mulia kabupaten Puncak Jaya pada Rabu,(10/10/2018).

Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan bathin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.

Dengan belajar baris berbaris yang benar diharapkan anggota Pramuka mempunyai rasa tanggungjawab, disiplin yang tinggi dengan melatih Kerapihan, kekompakan, Ketertiban dan Kesigapan.

Pembentukan karakter dalam diri anggota Pramuka sangat dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan bersosial baik dalam lingkungan sekolah dan luar sekolah. Sehingga terbentuk jiwa yang disiplin serta tertanam kebiasaan atau budaya yang sadar akan norma-norma yang berlaku.

"Pembinaan Pramuka merupakan salah satu wadah untuk menciptakan Generasi penerus bangsa yang handal, terampil dan berwibawa serta menjunjung tinggi nilai kebangsaan serta mampu menjadi contoh kepada generasi penerus bangsa lainnya", tegas Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf Akmil Darmawi selaku wakil tim pembinaan masyarakat TNI.

Pembinaan Pramuka ini sebagai wadah dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berdedikasi dan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan terampil.

Salah satu guru SMPN 1 Mulia, Yulina Enumbi mengucapkan terima kasih karena merasa sangat terbantu dengan pelatihan yang diberikan oleh tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama Kodim 1714/Puncakjaya ini.

"Kami dari Guru sangat senang, siswa siswi kami bisa bermain sambil belajar, terutama pelatih yang memberikan materi bisa mengerti keaadaan dan kondisi para pramuka yang sangat berbeda dengan Anggota Pramuka yang berada di luar Kab. Puncak Jaya", ungkap Yulina Enumbi.

Generasi penerus bangsa harus sejak dini ditanamkan disiplin, jiwa persatuan dan rasa tanggung jawab. "Dengan pelatihan PBB dan wawasan kebangsaan ini, generasi muda akan lebih cinta tanah air dan mempunyai jiwa patriotisme, sehingga bangsa Indonesia tidak akan mudah dipecah-belah", tambah Dandim.

Anggota Pramuka yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Mereka dibimbing oleh pelatih melaksanakan latihan baris berbaris sesuai ketentuan, Diharapkan nantinya anggota Pramuka bisa membawa pengalaman dalam pelatihan tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Bgs)