|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Prof.Dr.H. Sumaryoto: Pengabdian Unindra Kepada Masyarakat Sudah Menjadi Obsesi Bersama

Prof.Dr.H. Sumaryoto: Pengabdian Unindra Kepada Masyarakat Sudah Menjadi Obsesi Bersama

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Oktober 2018 | 09:41:30
dibaca | 532 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang paling utama dilakukan adalah bagaimana meningkatkan kualitas. Dengan mahasiswa sebanyak Unindra, menjadi tolak ukur bagaimana cara meningkatkan pelayanan dan pembinaan di kampus ini.

"Unindra tidak berhenti didalam membangun baik secara fisik melainkan non fisik, berkaitan dengan kualitas, ini menjadi suatu target, Pengabdian Unindra kepada masyarakat sudah menjadi obsesi bersama".

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Prof.Dr.H. Sumaryoto selaku Rektor Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI merangkap Senat Universitas saat memimpin Upacara Wisuda Unindra Ke-64 Tahun Akademik Gasal 2017-2018 di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (10/10).

Dalam amanatnya Bapak Prof.Dr.H. Sumaryoto mengungkapkan bahwa kali ini Unindra telah mewisudakan sebanyak 1.244 orang lulusan yang terdiri dari 1.084 lulusan Strata Satu (SI) dan 160 lulusan Strada Dua (S2). Pada Tahun ajaran 2017-2018 mahasiswa Unindra sudah mencapai 35.000 lebih mahasiswa.

"Namun demikian, kita sudah merasakan dengan jumlah mahasiswa sebanyak ini yang awalnya hanya 3.917 mahasiswa, Sekarang sudah mencapai lebih dari 35.000 mahasiswa, perkembangan ini harus kita syukuri bersama ini membuktikan cinta dan kepercayaan masyarakat terhadap kampus kita", ungkapnya.

Lebij lanjut Prof. Dr.H. Sumaryoto mengatakan bahwa tahapan kedepannya bagaimana Unindra meningkatkan baik kualifikasi pendidikan para dosen minimal yang tadinya S2 menjadi S3.

"Terima kasih kepada kopertis wilayah III yang sudah terus menerus mendukung kami, terutama dalam meningkatkan catatan akademik para Dosen-Dosen di Unindra. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Orangtua, Mahasiswa, Wali Orangtua yang selama ini sudah mempercayakan kepada kami, bagi anak didik bagi peserta didik di perguruan tinggi kami", katanya.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang sebentar lagi akan di wisuda, yang menjadi Sarjana atau Magister", tambahnya.

Selain itu, Prof.Dr.H. Sumaryoto mengungkapkan, untuk secara internal beasiswa untuk program S3 bagi para dosen itu di perguruan tinggi seperti di Universitas Pakuan Bogor sebanyak 21 dosen. Hal ini untuk mendukung proses mengajar, mengenai sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan mutu dosen.

Unindra juga sedang menambah fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang proses perkuliahan. "Namun ada satu yang lain yang harus kita patuhi, yaitu tentang ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kita ikuti aturan dan prosedur yang berlaku, sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah, mungkin bisa dibayangkan, untuk yang diwisuda bukanlah sedikit untuk ukuran perguruan tinggi, dan sudah terbayang dengan tambahan lulusan terutama S1 dan S2 rata-rata sudah punya profesi dan pekerjaan, serta tugas mulia dalam mengentaskan kebodohan," tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bapak Prof.Dr.H. Sumaryoto berpesan bahwa para wisudawan sudah dibekali ilmu yang lengkap, khususnya yang SI termasuk pembelajaran wirausahaan. Oleh karena itu, siapkan diri untuk mesyarakat tidak hanya menjadi pegawai tapi bisa memiliki usaha melalui jalur kewirausahaan.

"Untuk memiliki usaha saudara tidak bisa sendiri tapi harus memiliki beberapa teman yang mempunyai watak yang berbeda-beda, yang bertujuan membentuk suatu himpunan yang kuat, membentuk unit usaha yang baik itulah yang terpenting, jadi tidak harus sendiri untuk memiliki usaha tapi harus berhimpun dengan teman yang mempunyai bekal pendidikan, Insya Allah kita kaji dengan baik sehingga kita akan mendapatkan peluang dan ditekuni, maka akan menjadi usaha yang sukses", Pungkasnya. (Bgs)