|
find us on : 
Home > NASIONAL > BNPP Gelar Jambore SAR Nasional 2018

BNPP Gelar Jambore SAR Nasional 2018

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 24 September 2018 | 09:34:52
dibaca | 1549 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) gelar Jambore SAR Nasional, bertajuk SAR Adalah Kita. Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur Senin (24/9/2018).

Kegiatan Jambore yang dibuka langsung oleh Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsekal Madya TNl M Syaugi, S.Sos, MM. tersebut akan berlangsung selama 4 hari, dan diikuti oleh perwakilan Potensi SAR binaan dari 38 Kantor SAR sebagai Unit Pelaksana Tugas (UPT) Basarnas se-lndonesla. Total Potensi SAR yang ikut dalam jambore ini sebanyak 433 orang.

Dalam sambutanya, Kabasarnas berharap Jambore SAR Nasional ini menjadi media untuk komunikasi dan koordinasi, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bidang SAR, kesolidan, serta mempererat jalinan silaturahmi antar Potensi SAR serta Basarnas," ujarnya.

Ditegaskannya, potensi SAR adalah pilar utama dalam pelaksanaan operasi SAR, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Basarnas guna meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan sunergitas, serta merekatkan silaturahmi antar Basarnas dengan Potensi SAR," tegasnya.

Potensi SAR lanjutnya, adalah Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, informasidan teknologi, serta hewan, selain Basarnas yang dapat dikerahkan guna mendukung pelaksanaan operasi SAR.

Potensi SAR meliputi unsur TNI-POLRI, unsur pemerintahan baik tingkat pusat maupun daerah (provinsi, kabupaten/kota), organisasi non pemerintah (swasta), dan indivindu-indivindu yang memiliki kompetensi di bidang SAR," lanjutnya.

Peran Potensi SAR sangat penting, utamanya berkaitan dengan response time serta upaya pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi dalam penanganan kedaruratan pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia.

Agenda Jambore SAR Nasional sendiri meliputi workshop, bimbingan teknis (bimtek), dan challenge bagi peserta jambore yang meliputi giat ketrampilan bidang SAR dan fitnes drill," pungkas Kabasarnas.