|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Wisudakan 1.349 Mahasiswa, Rektor Unindra: Tuntutlah Ilmu Dari Lahir Hingga Liang Lahat

Wisudakan 1.349 Mahasiswa, Rektor Unindra: Tuntutlah Ilmu Dari Lahir Hingga Liang Lahat

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 September 2018 | 12:41:27
dibaca | 541 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kepada calon wisudawan saya ingatkan bahwa saudara dilantik menjadi sarjana maupun magister untuk tidak berhenti belajar karena sesuai ajaran agama 'Tuntutlah Ilmu dari lahir hingga liang lahat' yang artinya ilmu harus kita tuntut karena menuntut ilmu merupakan bagian ibadah kita dan saya harap saudara akan terjun ke masyarakat tetap berkewajiban menjaga nama baik almamater.

Demikian ditegaskan langsung oleh Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Prof. Dr. H. Sumaryoto dalam amanatnya saat melaksanakan Wisuda bagi mahasiswanya yang Ke-62 dengan Sidang Terbuka Senat Universitas di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, (12/9/2018).

Wisuda yang ke - 62 ini merupakan wisuda yang pertama pada periode semester genap Tahun Akademik 2017/2018.

Dalam amanatnya Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto memaparkan bahwa Wisuda yang diikuti oleh 1.349 wisudawan, terdiri atas lulusan program Strata Satu (S1) 1.158 wisudawan dan lulusan program Strata Dua (S2) 196 wisudawan.

Gelar wisuda yang digelar ini dari 1.349 Wisudawan, terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial (FIPPS) untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1) 46 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) 76 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) 10 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA) untuk Program Studi Pendidikan Matematika (S1) 41 orang, Program Studi Pendidikan Biologi (S1) 1 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika (S1) 7 orang.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 63 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1) 28 orang, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1) 49 orang.

Fakultas Teknik Informatika dan Komputer (FTIK) Program Teknik Informatika (S1) 140 orang, Program Teknik Industri (S2) 28 orang dan Program Teknik Arsitektur (S1) 16 orang.

Fakultas Pascasarjana Magister Pendidikan Program Magister Pendidikan MIPA (S2) 266 orang, Program Magister Pendidikan IPS (S2) 210 orang, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) 123 orang dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) 184 orang.

"Mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak hingga mencapai 36.455 mahasiswa maka lulusannya mencapai 6.500 lebih sehingga Insya Allah dalam bulan September ini ada dua kali gelar wisuda di tanggal 12 dan 22 September 2018. Oktober digelar dua Kali wisuda dan di November digelar satu kali wisuda. Ini semuanya adalah lulusan periode semester genap 2017/2018", jelasnya.

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa, dengan sistem pelaporan sekarang ini maka ada kemungkinan pernedaam informasi antara laporan peserta wisuda dengan informasi yang ada di dalam korlap perguruan tinggi.

"Perbedaan ini sah-sah saja hanya dalam masalah keterlambatan didalam pelaporan yang memang bulan September masa mengupload data cukup tinggi", katanya.

Dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak ini, lanjutnya, di usianya yang ke-14 dan perayaan Dies Natalis ke-15 mendapat hadiah yang luar biasa yaitu pengakuan oleh BANPT sebagai lembaga pemerintah, Unindra terakreditasi peringkat B.

Pada waktu berdiri 6 September 2004 dengan jumlah mahasiswa baru 4.155 dan sekarang sudah mencapai 36.000 lebih dalam kurun waktu14 tahun.

"Sudah sepantasnya kondisi dosen Unindra 50% lebih mahasiswa semua dengan jenjang akademik asisten ahli, oleh karena itu secara bertahap Unindra konsisten taat pada azas dan peraturan yentang kualifikasi dosen. Dengan demikian secara berkelanjutan menyangkut persyaratan dosen, kalaupun masih ada kekurangan itu semata-mata karena sedang berproses dan bukan karena kelalaian kita", jelasnya.

Selain itu, Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto juga menyampaikan agar tidak ada pemahaman yang keliru dengan persoalan Unindra pada peraturan-peraturan yang berlaku khususnya memyangkut persyaratan dosen.

"Sekarang ini Unindra terus mengurus ijin mendirikan bangunan untuk 2 unit gedung yang akan datang yaitu unit 8 dan unit 9 masinh-masing berlantai 6. Unindra ke depannnya betul-betul pantas dan layak berakteditasi. Jangka panjang dengan visi misi Unindra tahun 2029 kita menjadi perguruan tinggi dengan status 'Excellence Teaching University'," tegasnya.

"Mulai semester gasal 2018/2019, kami sudah mempunyai program dalam rangka meningkatkan kualifikasi dosen untuk memperoleh gelar Doctor mulai September ini setiap tahun akan diberangkatkan sebanyak 45 orang dosen", lanjut Rektor Unindra.

Mengakhiri amanatnya, Rektor Unindra menyampaikan ucapan terimakasih pada wali mahasiswa, orangtua mahasiswa yang sudah percaya pada kami. "Sehingga Alhamdulillah semester gasal ini kita sudah mengakhiri penerimaan mahasiswa baru pafa bulan Juli lalu dengan mahasiswa yang diterima mencapai 10.133 mahasiswa", pungkasnya. (Bgs)