|
find us on : 
Home > MELITER > Koramil Krayan, Garda Terdepan Penjaga Keutuhan Wilayah NKRI

Koramil Krayan, Garda Terdepan Penjaga Keutuhan Wilayah NKRI

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 17 Agustus 2018 | 09:24:27
dibaca | 883 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Koramil 0911-06/Krayan, merupakan salah satu Koramil yang langsung berbatasan dengan wilayah negara tetangga Malaysia.

Satuan Komando Kewilayahan ini berada dibawah kendali Kodim 0911/Nunukan yang hanya dapat dijangkau melalui jalur udara.

Selain merupakan Satuan paling terdekat dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Koramil Krayan 0911-06/Krayan juga merupakan Koramil yang membawahi lima kecamatan, terdiri dari Kecamatan Krayan, Krayan Barat, Krayan Timur, Krayan Utara, Krayan Selatan dan Krayan Tengah dan membawahi 89 desa serta 27 lokasi, dimana satu lokasi membawahi beberapa desa.

Berbatasan langsung dengan negara tetangga dan dengan kontur wilayah yang dikelilingi hutan dapat dikatakan bahwa Krayan merupakan kota kecil di tengah hutan.

Untuk menuju ke wilayah Krayan ini, hanya dapat ditempuh menggunakan pesawat ukuran kecil yang hanya dapat memuat 9 sampai 11 penumpang atau helly yang hanya dilayani sekali penerbangan setiap harinya dengan waktu tempuh satu jam menuju Tarakan itupun tergantung kondisi cuaca.

Keterbatasan ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di wilayah Krayan, tetapi juga oleh para Babinsa yang bertugas di Koramil Krayan.

Bukan hanya masalah keterbatasan sarana transportasi, faktor lainnya seperti Komunikasi dan fasilitas kesehatan juga menjadi kendala yang paling dirasakan.

Walaupun dengan berbagai keterbasan yang ada, para personel Koramil Krayan tidak merasa hal tersebut menjadi hambatan dalam menjalakan tugas-tugasnya, terutama dalam memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi warga Krayan untuk tetap menumbuhkan kesadaran sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upaya ini terus dilakukan para Babinsa Koramil Krayan termasuk membantu berbagai permasalahan dan kesulitan yang dihadapi warga Krayan.

Dihadapkan dengan luas wilayah 2746,86 km2 dan dengan jumlah personel 25 orang, Koramil Krayan tetap harus dapat menjadi garda terdepan di wilayah terluar Indonesia dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Komandan Koramil 0911-06/Krayan Kapten Inf Laeti mengatakan, sebagai satuan Komando Kewilayahan di wilayah terdepan dan berbatasan dengan negara tetangga, dan dihadapkan dengan berbagai keterbatasan yang ada, dirinya beserta jajarannya tetap bertekad menjaga kedaulatan NKRI.

Hal yang sama diungkapkan oleh Bati Tuud Koramil 0911-06/Krayan Serka Gunawan Wibisono yang telah bertugas selama tiga tahun di Koramil Krayan.

"Walaupun dengan keterbatasan yang ada, hal ini tidak menyurutkan kami untuk menjalankan tugas sebaik mungkin dan menjaga agar wilayah NKRI tetap utuh", ujar Serka Gunawan.

Pada peringatan Hari Kemerdekaan ke- 73 Republik Indonesia, para Babinsa Koramil Krayan bersama Muspika setempat dan masyarakat wilayah Krayan akan memperingatinya dengan melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI. (Bgs)