|
find us on : 
Home > MELITER > Komandan PMPP TNI: Laksanakan Tugas Mulia Sebagai Peacekeepers di Lebanon

Komandan PMPP TNI: Laksanakan Tugas Mulia Sebagai Peacekeepers di Lebanon

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 10 Agustus 2018 | 13:49:23
dibaca | 586 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Latihan pratugas Pre Deployment Training (PDT) Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-M UNIFIL TA. 2018 disiapkan untuk melaksanakan tugas mulia sebagai Peacekeepers di Lebanon.

Demikian dikatakan Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Victor H. Simatupang, M.Bus pada saat upacara pembukaan latihan pratugas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-M UNIFIL TA. 2018 di lapangan upacara Canti Dharma PMPP TNI Sentul, Bogor, Kamis 8 Agustus 2018.

Lebih Lanjut Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menyampaikan partisipasi prajurit TNI dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB merupakan kesempatan sekaligus tantangan bagi TNI untuk menunjukkan perannya di dunia internasional.

Selanjutnya Komandan PMPP TNI mengatakan bahwa untuk menyiapkan prajurit TNI yang profesional dan handal dalam melaksanakan tugas di daerah misi PBB perlu dilaksanakan latihan pratugas. Sebanyak 850 personel Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-M UNIFIL TA. 2018 dengan Dansatgas Mayor Inf Arfa Yudha akan mendapatkan gambaran tentang daerah misi UNIFIL Lebanon, perkiraan tantangan tugas yang akan dihadapi, dan cara-cara menyelesaikan permasalahan dengan tujuan sebagai pedoman pada saat melaksanakan tugas di daerah misi.

Pada kesempatan tersebut Brigadir Jenderal TNI Victor H. Simatupang, M.Bus juga menyampaikan materi latihan yang diberikan meliputi materi umum Core Pre Deployment Training Material (CPTM) dan materi pendukung yang berupa doktrin PBB, materi teknis, ditambah beberapa materi aplikasi yang dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Selanjutnya Komandan PMPP TNI mengatakan semua materi yang diberikan merupakan bekal persiapan dalam mendukung tugas sesuai dengan protap dan aturan pelibatan di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan penugasan operasi. "Siapkan semua kemampuan, kecerdasan berpikir, kerjasama, loyalitas, etika dan kesiapan fisik serta mental yang tinggi dari para peserta Latihan pratugas", kata Komandan PMPP TNI.

Komandan PMPP TNI juga menyampaikan agar peserta latian Pratugas terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai modal berkomunikasi di komunitas internasional dan bahasa lokal yaitu bahasa Perancis dan Arab.

"Mulailah mengenal dan memahami karakteristik wilayah Lebanon yang tentu saja sangat berbeda dengan negara kita, baik dari segi geografis, demografis, kondisi sosial, budaya maupun bahasanya guna mempercepat proses adaptasi di penugasan", tambahnya.