|
find us on : 
Home > HIDAYAH > Rumah Zakat Penuhi Kebutuhan Pangan Protein Hewani Warga dengan Superqurban

Rumah Zakat Penuhi Kebutuhan Pangan Protein Hewani Warga dengan Superqurban

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 07 Agustus 2018 | 17:54:51
dibaca | 388 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Mentawai --- Untuk memenuhi kebutuhan pangan protein hewani warga, Rumah Zakat mendistribusikan Superqurban ke berbagai pelosok negeri di Indonesia. Salah satunya di Dusun Salappa yang jarang mengkonsumsi daging, tepatnya di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Rabu (1/8).

"Untuk sampai ke lokasi penyaluran, kami harus menyebrang lautan selama delapan jam. Dilanjutkan dengan menggunakan kapal kecil yang disebut pong pong selama 4-6 jam, tergantung kondisi air sungai", ujar Izzatul Yazid, Relawan Rumah Zakat.

Dusun Salappa merupakan wilayah terpencil yang tidak memiliki akses listrik dan sinyal telepon seluler. Mata pencaharian warga di dusun ini pun tidak menentu, kadang bertani, beternak, dan menjadi supir pong pong, itupun jika ada tamu yang datang.

"Warga di sini sehari-harinya hanya makan dengan sagu, sayur daun sagu atau kangkung. Mereka jarang makan nasi karena harga beras sangat mahal, apalagi mengkonsumsi daging", tambah Izzatul.

Selain di Dusun Salappa, Rumah Zakat juga mendistribusikan Superqurban ke berbagai wilayah terpencil yang kekurangan konsumsi daging. Salah satunya di Pasar Terapung Lok Baintan, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan dan disalurkan untuk membantu korban bencana di Lombok. (Red)