|
find us on : 
Home > NASIONAL > IZI Kerjasama PKPU HI Salurkan Dana Korban Gempa Lombok

IZI Kerjasama PKPU HI Salurkan Dana Korban Gempa Lombok

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 06 Agustus 2018 | 15:47:25
dibaca | 946 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Berdasarkan Rilies yang dikeluarka Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) sampai dengan hari ini koraban bencana Lombok Nusa Tenggara Barat, telah mencapai angka 82 orang meninggal.

Menyikapi hal tersebut Inisiative Zakat Indonesia (IZI) kerjasama dengan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Human Initiative, melalui Program Dana Zakat untuk Korban Gempa Lombok. IZI berikan bantuan kemanusian senilai Rp 100.000.000,-.

"Dana tersebut kita berikan dalam bentuk tunai kepada PKPU HI, yang nantinya akan digunakan dalam rangka memproteksi tanggap bencana Lombok Nusa Tenggara Barat," ungkap Direktur Utama Initiative Zakat Indonesia ( IZI), Wildhan Dewayana dalam jumpa persnya di Jakarta Senin (6/8/2018).

Menurut Wildhan, ini adalah sebuah bukti komitmen IZI yang telah dipercaya sebagai lembaga pengelola zakat. IZI memiliki kewajiban untuk berbuat sesuatu, diharapkan melalui program ini, masyarakat yang terkena dampak dapat merasakan manfaat, dapat pulih dan dapat ber-aktifitas seperti sedia kala," tutur Wildhan.

Lebih lanjut Wildhan mengatakan, ini merupakan tahap pertama dalam program bantuan yang akan digunakan sebagai bantuan logistik dan medis. IZI akan merencanakan program-program selanjutnya untuk dapat berkontribusi, seiring dengan kepercaayaan dana zakat yang diamanahkan dari para muzaki, dari masyarakat kepada IZI.

"Tentu saja momentum ini menjadi monentum kebersamaan semua. Sinergi yang baik dari semua pihak, baik pemerintah, NGO, dan masyarakat lokal sangat kita harapkan, dengan meniadakan segala perbedaan agama, suku bangsa,dan ras," tambahnya.

Wildhan berharap, langkah ini dapat diikuti oleh teman-teman lain, dan membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk juga bisa berbuat.

Kepada masyarakat yang ingin memberikan donasinya dapat langsung mengakses melalui kanal - kanal donasi yang dimiliki IZI seperti, kanal ZakatPedia.com, atau bisa langsung akses melalui rekening yang di miliki IZI.

"Kita akan permudah masyarakant untuk bisa berpartisivasi dalam program ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Direktur PKPU HI Agung Notowiguno memberikan apresiasi kepada IZI yang telah cepat merespon program bantuan ini.

Agung menambahkan, kita ketahui bersama bahwa kejadian kedua gempa susulan terjadi sekitar menjelang pukul 7.00 kemarin.Team gabungan tanggap bencana PKPU HI, penjajahan pertama telah kita kirim kesana.

"Saat ini team gabungan yang terdiri dari pusat dan daerah serta beberapa team lokal diwilayah NTB juga telah kita kerahkan," tambahnya.

Program tanggap darurat ini menjadi bagian dari sebuah kerja sama dengan IZI. Sebagai organisasi, tidak bisa hanya bekerja sendirian dilapangan. Jumlah pengungsi sudah mencapai ribuan. Jalan yang putus dan banyaknya pohon yang tumbang tidak menghalangi team gabungan untuk melakukan proses evakuasi.

Agung berharap, mudah -mudahan di gempa susulan yang ke dua ini banyak program yang dapat kita inisiasi bersama," harapnya.

Sebagai penutup atas nama managemen IZI, Wildhan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisifasi dalam mendukung program ini. Trimakasih juga diucapkan kepada PKPU HI yang telah menjadi partner IZI untuk membantu menyalurkan dana yang dititipkan masyarakat.

"Semoga Allah memberikan kemudahan, kelancaran untuk membantu masyarakat yang tetkena dampak," pungkasnya.