|
find us on : 
Home > MELITER > Danlanud Adisutjipto Turut Serta Bawa Obor Asian Games 2018 Di Yogyakarta

Danlanud Adisutjipto Turut Serta Bawa Obor Asian Games 2018 Di Yogyakarta

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 19 Juli 2018 | 12:08:24
dibaca | 766 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S.,M.M., beserta para Pejabat Forkopimda DIY, Sekjen Inasgoc, Ketua Umum Inasgoc, menghadiri acara kirab dan pelepasan obor Asian Games 2018 yang dilepas oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Pagelaran Kraton Yogyakarta (19/7).

Obor Asian games tersebut selanjutnya diserahkan ke Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Danlanud Adisutjipto beserta para Pejabat lain juga berkesempatan membawa langsung obor Asian Games secara estafet dari Kapolda DIY mengawali Kirab Obor Asian Games di halaman Keraton Yogyakarta.

"Sudah menjadi komitmen TNI khususnya TNI Angkatan Udara untuk menggaungkan semangat Asian Games keseluruh wilayah di Indonesia serta mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Asian Games 2018 secara aman lancar dan sukses serta memperoleh prestasi terbaik", tegas Danlanud Adisutjipto.

Sebelumnya api Asian Games yang diambil langsung dari India telah disatukan dengan api abadi dari Mrapen Grobogan Jawa Tengah dalam sebuah acara Torch Relay Concert di lapangan Brahma Komplek Candi Prambanan. Dalam acara tersebut, Wakil Presiden RI Jussuf Kalla membuka dan mengawali arak-arakan obor Api Asian Games.

Setelah dari Candi Prambanan, api obor Asian Games kemudian dibawa ke Pagelaran Kraton Yogyakarta. Api obor Asian Games ini menginap semalam di Kraton, sebelum dibawa kirab besok paginya. Api obor Asian Games ini diterima oleh putri Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi. Dari candi Prambanan api dibawa oleh atlet Yogyakarta, Vinarsih.

Rute kirab di Yogyakarta dimulai dari Pagelaran Keraton-Titik Nol Kilometer ke arah barat-PKU Muhammadiyah ke utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang ke timur ke Teteg Malioboro.

Dari Teteg kemudian masuk ke Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan ke selatan-Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingit-Tugu.

Di Tugu, api Asian games akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta kemudian diserahkan ke Inasgoc untuk dibawa ke Solo guna melanjutkan kirab ke berbagai kota. (Bgs)