|
find us on : 
Home > MELITER > Pengurus Daerah Jalasenastri Koarmada I Canangkan Kebun Hidroponik

Pengurus Daerah Jalasenastri Koarmada I Canangkan Kebun Hidroponik

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Juli 2018 | 23:23:24
dibaca | 577 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Vero Yudo Margono bersama Wakil Ketua dan Pengurus Daerah Jalasenastri Armada I serta para Ketua Cabang Daerah Jalasenastri Armada I melaksanakan gerakan tanam bersama di Kebun Sayur Hidroponik yang terletak di area Mako Koarmada I, Rabu (11/7).

Kegiatan penanaman tanaman Hidroponik dipandu oleh seorang spesialis dari Hidroponikita yang memberikan pelatihan tata cara bercocok tanam secara hidroponik yang baik dan benar.

"Dengan terbatasnya lahan yang dimiliki untuk bercocok tanam, teknologi hidroponik bisa digunakan sebagai alternative dalam bercocok tanam. Berbagai jenis sayuran dengan mudah bisa ditanam secara Hidroponik, sarananya bisa menggunakan paralon atau botol bekas. Hidroponik dengan cara ini dapat diterapkan oleh siapa saja karena sangat mudah. Tanaman dapat ditempatkan dimana saja, yang penting pada saat hujan tanaman tidak terkena hujan secara langsung karena akan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam air yang menjadi media penanaman tersebut ", terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pertumbuhan tanaman memerlukan sinar matahari yang cukup dengan kelembaban tertentu. Dalam satu hari tanaman minimal membutuhkan 5 jam penyinaran tetapi dengan intensitas yang rendah. Sinar matahari yang terik tidak baik untuk tanaman. Tanaman yang cocok ditanam dengan teknologi ini antara lain tanaman sayuran seperti selada, pokcay, caisim, bayam, kangkung dan berbagai sayuran lainnya.

Sementara itu, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Vero Yudo Margono mengatakan bahwa sasaran dari program gerakan tanam bersama ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dan ketahanan pangan nasional, selain itu juga untuk meningkatkan pemberdayaan ibu-ibu Jalasenastri dengan tujuan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga prajurit.

Di sekitar lokasi tersebut, juga dikembangkan berbagai jenis tanaman bunga anggrek yang dikelola oleh Pengurus Daerah Jalasenastri Armada I.

"Dengan adanya lahan hidroponik ini diharapkan agar ibu-ibu Jalasenastri Koarmada I terus mengembangkan inovasi dan terobosan, tidak hanya menjadi penonton tetapi menjadi pelaku didalam meningkatkan gerakan tanam bersama dalam rangka mendukung program pemerintah dan ketahanan pangan nasional. Hal seperti ini harus tertanam pada diri kita agar ketahangan pangan dapat berdiri secara mandiri tanpa harus membeli", ujar Ny. Vero. (Bgs)