|
find us on : 
Home > NASIONAL > Kekurangan Pilot, PT. Garuda Indonesia Akan Rekrut Penerbang dari TNI AU

Kekurangan Pilot, PT. Garuda Indonesia Akan Rekrut Penerbang dari TNI AU

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 07 Juli 2018 | 20:44:10
dibaca | 469 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk saat ini mengaku masih kekurangan tenaga pilot, apalagi perusahaan tengah berupaya terus meningkatkan utilisasi armada miliknya. Oleh karena itu, perusahaan mengambil opsi untuk menggunakan pilot yang berasal dari TNI Angakatan Udara (TNI AU).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansyuri, menyampaikan bahwa rencana penggunaan pilot TNI AU ini bertujuan untuk peningkatan kualitas. Saat ini, sifatnya perusahaan masih menunggu lisensi untuk tenaga pilot dari TNI AU tersebut.

"Kami sebetulnya selama ini (sudah) dilakukan, tentunya dengan perjanjian kerja yang tanda tangan bersama itu kita bisa melakukan trainning pelatihan dan pengembangan dari SDM yang ada," ujarnya di Jakarta, Jumat (6/7).

Selain itu, perusahaan juga terus mempersiapkan diri untuk bisa meningkatkan utilisasi dari 9 jam 45 menit menjadi 10 jam. Salah satunya dengan melakukan penambahan kualitas SDM dan melakukan perekrutan pilot-pilot baru.

"Kita perlu persiapkan dalam hal ini terkait dengan kesiapan resoruces, recruiting untuk awak kabin, upgrading pilot dan recruiting pilot. Tentunya ini merupakan persyaratan untuk kami bisa tingkatkan utilisasi dari pesawat kami," lanjutnya.

Asal tahu saja, wacana penggunaan pilot yang berasal dari TNI AU bukan merupakan hal baru, karena sebelumnya pun perusahaan pernah menggunakan penerbang-penerbang TNI AU untuk menerbangkan pesawatnya.

Langkah ini juga bukan disebabkan adanya rencana pemogokan para pilot, hal ini dilakukan untuk pengembangan kualitas SDM semata. (Bgs)