|
find us on : 
Home > TEKNOLOGI > Sistem Pendeteksi Plagiarism Ditemukan

Sistem Pendeteksi Plagiarism Ditemukan

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 19 Desember 2013 | 23:18:31
dibaca | 9640 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Dosen Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya, Warsilah S.Kom, MT membuat sistem pendeteksi plagiarism yang bisa mendeteksi persentase kemiripan suatu naskah dalam multibahasa.

Penelitian yang dilakukan dosen Jurusan Sistem Informasi yang pernah meraih penghargaan sebagai dosen berprestasi tingkat Kopertis Wilayah II tahun 2010 itu, berdasarkan saat dia melihat kemudahan masyarakat akademik melakukan copy paste dari jurnal-jurnal dengan kemajuan sistem informasi saat ini.

" Padahal, hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran dan pelecehan hak intelektual orang lain , " ujar Darmajaya.

Ia berharap dengan adanya software ini, akan memberikan dampak membantu meminimalkan adanya plagiarism di Indonesia, Sehingga dapat tercapai iklim akademik yang jujur dan bertanggungjawab.

Menurut Warsilah, perangkat ini dapat mendeteksi kesamaan karya ilmiah dengan tingkat kesamaan lebih akurat mencapai 90 persen. :al itu disebabkan selain difasilitasi dengan pembanding kata yang bersinonim.

Software ini juga bisa mendeteksi kesamaan katanya dari file bermacam-macam tipe, mulai dari docx, TXT hingga PDF.

Software melakukan pendeteksian penjiplakan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan menghasilkan sistem yang dapat melakukan pemindaian atau penelusuran terhadap kemiripan kalimat di dalam suatu dokumen berbahasa Indonesia.

Tahap lainnya, juga akan ada pemindaian dokumen yang dilakukan dari dokumen berbahasa Indonesia yang akan diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Inggris untuk kemudian dilakukan pemindaian. (SS)