|
find us on : 
Home > NASIONAL > Ratusan Pekerja Pos Indonesia Berunjuk Rasa

Ratusan Pekerja Pos Indonesia Berunjuk Rasa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 25 Juni 2018 | 14:47:40
dibaca | 712 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sebanyak 300 pekerja PT Pos Indonesia melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung PT Pos Indonesia, Jalan Gedung Kesenian, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Dalam aksinya, para pekerja menuntut untuk membayarkan upah jasa produksi, sesuai dengan perjanjian Kerja Bersama (PKB) ketika perusahaan ini laba.

Perwakilan DPC Wilayah IV Sasmita mengatakan, ini adalah aksi mogok kerja nasional. Kami melakukan ini meminta kepada perusahaan terurama untuk membayarkan jasa produksi karena sesuai dengan perjanjian Kerja Bersama (PKB) ketika perusahaan ini laba, wajib untuk memberikan laba ini kepada karyawan/Pegawai," ujarnya ketika dikonfirmasi.

Selain itu menurutnya juga mengenai tunjangan Kinerja ( Tukin). Tukin baru dibayar sampai bulan april, seterusnya belum dibayarkan. Kami minta kepada perusahaan untuk bisa segera membayarkan perbulan," tambahnya.

Sasmita juga mengungkapkan dalam aksinya meminta kepada perusahaan untuk memberikan transport yang sama tidak membedakan antara UPT dengan Kantor pusat. Karena perbedaan ini menimbulkan kecenburuan sosial," ungkapnya.

Sementara Ketua DPC SPPI Jakarta Pusat Suryadi menambahkan, kami lakukan ini untuk hak kesejahteraan karyawan dan keluarga. Kami di sini menolak surat direksi nomor 657 yang tidak sesuai dengan PKB bila perusahaan untung atau laba memberikan (kepada pekerja)," kata Suryadi di lokasi.

Aksi ini merupakan peringatan bagi direksi PT Pos Indonesia. Jika tidak digubris, pekerja akan menggelar mogok kerja nasional. "Ini merupakan pra-aksi mogok kerja, jika tuntutan tidak tercapai kami siapkan mogok kerja. Kami kerahkan semua untuk mogok kerja nasional," tegasnya.

Berikut 5 tuntutan yang disampaikan para pekerja diantaranya :

1. Kami menolak kebijakan perusahaan yang tidak membagi laba kepada karyawan melalui pembayaran jasa produksi2017

2. Kami meminta dengan keras perusahaan untuk segera membayarkan jasa produksi 2017

3. Segera lakukan pembayaran tukin sesuai dengan PKB

4. Jika tuntutan tersebut di atas tidak dibayarkan, kami akan melakukan mogok kerja pada tanggal 25 Juni 2018 serentaj di seluruh UPT Jakarta, Tangerang dan Bekasi

5. Jika tuntutan tersebut tidak dibayarkan, kami minta ganti rugi direksi PT Pos Indonesia.