|
find us on : 
Home > NASIONAL > Kabasarnas : Kendati Libur Lebaran Basarnas Tetap Siaga

Kabasarnas : Kendati Libur Lebaran Basarnas Tetap Siaga

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 11 Juni 2018 | 04:37:38
dibaca | 730 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Jelang libur lebaran 1439 H, tidak kurang dari 3.500 Personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tetap siap siaga mengantisipasi bencana dan peristiwa lainnya yang tidak diharapkan.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Marsekal Madya M. Syaugi, saat melepas Satgas Basarnas, dalam apel Khusus kesiapsiagaan dalam mendukung pengamanan Arus Mudik Lebaran dan Arus Balik 2018 di Lapangan Gedung Pusat Basarnas, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Kabasarnas mengatakan, apel khusus ini diselenggarakan dalam rangka kesiapan mendukung secara penuh arus mudik dan balik pada musim Lebaran 2018 yang dikoordinir Kementerian Perhubungan yang masuk di dalamnya Korlantas dan Kementerian PU. "Jumlah tersebut masih akan ditambah dengan pasukan tim khusus dan kelengkapan armada serta peralatan pendukung kerja dilapangan," ujarnya.

Menurutnya, sesuai UU No.29/2016, Basarnas siap melakukan kegiatan mencari, menolong dan menyelamatkan serta melakukan evakuasi para korban jiwa, baik dalam sebuah peristiwa bencana ataupun kecelakaan.

"Kita telah menyiapkan seluruh armada yang ada baik darat, laut dan udara, untuk menjamin tugas-tugas SAR, sehingga masyarakat dalam melaksanakan mudik dengan aman, selamat dan nyaman sampai tempat tujuan,"ucapnya.

Basarnas juga telah membuka sejumlah posko di titik prioritas, seperti pos Cipali (yang baru saja dibuka), Ngalihan (yang berlokasi diujung tol Semarang),dan Pelabuhan Merak. Basarnas juga akan melibatkan pasukan siaga khusus untuk mendukung kerja dilapangan," jelas Saugi.

Sejumkah peralatan pendukung juga disiagakan untuk kelancaran tugas, antara lain 114 unit peralatan dan kapal, 6 Helikyopter yang disiagakan di Jakarta, Surabaya, Semarang, Tanjung Pinang, dan Denpasar," pungkasnya.