|
find us on : 
Home > NASIONAL > Ayo Donor Darah Melalui Bloodbook

Ayo Donor Darah Melalui Bloodbook

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 17 Desember 2013 | 04:03:57
dibaca | 10117 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Untuk memenuhi target kebutuhan darah secara nasional sebesar 4,8 juta kantong, Palang Merah Indonesia (PMI) terus meningkatkan pelayanan donor darah, terutama dalam menjaring pendonor darah sekaligus menjaga keberadaan Donor Darah Sukarela (DDS).

Upaya menjaring pendonorini dilakukandengan membuat terobosan yaitu rekrutmen donor melalui sistem informasi online Ayo Donor dan aplikasi bloodbook.

Saat konferensi pers sehubungan dengan Acara Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100 Kali di Jakarta pada Senin (16/12), Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjelaskan, terobosan ini dilakukan dalam rangka untuk mencari pendonor darah yang sehat agar mendapatkan kualitas darah yang aman dari berbagai penyakit.

Trend masyarakat yang melakukan donor darah meningkat yaitu 41%di tahun 2012 dengan sumbangan darah sebesar 70% secara nasional. Upaya meningkatkan jumlah pendonor ini terus kami lakukan, terutama dalam mencari donor darah sukarela yang rutin menyumbangkan darah.

" Dengan adanya pendonor darah yang rutin, maka kemungkinan PMI mendapatkan kualitas darah yang baiklebih besar sehingga kualitas darah yang didapat juga lebih baik dan aman dari penyakit , " jelas Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla.

Dalam menjaring donor darah sukarela, PMI menggandeng mitra kerjanya yaitu PT Indosat dan Agensi Periklanan Leo Burnett untuk membuat sistem informasi Ayo Donor dan bloodbook. Informasi yang diberikan dalam Ayo Donor dan bloodbook membantu PMI meningkatkan jumlah pendonor melalui sarana online.

Sebagai bagian dari komitmen sosial dan perkembangan teknologi informasi, dimana saat ini masyarakat semakin menghendaki informasi yang sifatnya online, Indosat mendukung program donor darah PMI dengan mengembangkan sistem informasi web-based Ayo Donor.

Dengan mengakses website Ayo Donor ini yakni www.ayodonor.pmi.or.id, masyarakat akan semakin mudahmendapatkan informasi yang lengkap dan akurat terkait lokasi untuk melakukan donor darah, informasi stok darah yang tersedia di UDD PMI seluruh Indonesia. (SS)