|
find us on : 
Home > GAYA HIDUP > YCAB dan HSBC Indonesia Berdayakan Ribuan Anak Muda dan Kaum Ibu di Jabodetabek

YCAB dan HSBC Indonesia Berdayakan Ribuan Anak Muda dan Kaum Ibu di Jabodetabek

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 25 Mei 2018 | 02:57:41
dibaca | 1576 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sejalan dengan misi YCAB Foundation untuk memandirikan anak muda pra-sejahtera melalui akses pendidikan dan pemberdayaan ekonomi, program Anak Bangsa Siap Berkarya (ABSB) yang merupakan kerjasama antara YCAB dan HSBC Indonesia telah sukses dilaksanakan di Jabodetabek.

Program Anak Bangsa Siap Berkarya bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan telah melatih 1.091 anak muda serta 8.763 kaum ibu di area Jabodetabek.

Adapun Program ASBS meliputi 3 sub-program yaitu: 1. Ketenagakerjaan dan kewirausahaan Para siswa/i dibekali dengan pendidikan teori dan praktis tentang kewirausahaan dan lapangan kerja. Peserta diberikan pelatihan keterampilan hidup yang penting seperti sikap profesional, keterampilan interpersonal, cara menulis resume, dan wawancara kerja. Dalam hal kewirausahaan peserta diajarkan tata cara pengelolaan keuangan serta bagaimana mengembangkan dan menerapkan ide-ide bisnis baru.

2. Program pemberdayaan bagi perempuan Program ini dirancang bagi kaum ibu yang ingin menjadi pengusaha mikro atau mengembangkan usaha mereka. Peserta diberi pemahaman tentang literasi keuangan, pemberdayaan usaha untuk mendukung pengembangan kapasitas usaha mereka. Program ini disampaikan kepada kaum ibu di wilayah ekonomi lemah.

3. Program relawan untuk pendidikan Sekitar 80 orang dari HSBC Indonesia terlibat dalam program relawan untuk berperan sebagai pendamping pengenalan literasi keuangan di wilayah kaum ibu penerima manfaat program pemberdayaan ekonomi.

Selain itu, Program di Jabodetabek resmi ditutup dengan terpilihnya tiga ide bisnis yaitu : Kelompok Tenun Flores - SMK Perguruan Cikini, Kelompok Bubur Troll - SMK Jakarta Pusat, dan Kelompok Evarlasting Fresh Juice - SMK Jakarta Pusat. Sedangkan pemenang kompetisi ketenagakerjaan adalah : Rovita Nur Aini, SMK Perbankan Nasional, Rafli Erik Cahyono, SMK Nasional Depok, dan Samsul Muarifin, SMK Reformasi.

Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, bahwa dirinya mendukung program 'Anak Bangsa Siap Berkarya' untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia berkarya setelah menamatkan jenjang pendidikannya.

"Hal ini merupakan cerminan komitmen kami untuk membangun bisnis jangka panjang. Dengan berkontribusi pada kemajuan masyarakat, HSBC Indonesia mengambil peran untuk turut memajukan roda ekonomi," katanya.

Sementara itu, Mario Montino selaku Chief Operating Officer YCAB Foundation juga menungkapkan bahwa, Misi YCAB adalah untuk membantu anak muda Indonesia agar menjadi mandiri.

"Kami dapat melihat antusiasme para peserta untuk mengembangkan kapasitas diri, sehingga diharapkan setelah berakhirnya program, para peserta dapat menggunakan modal pelatihan dan keterampilan yang didapat untuk mengembangkan usaha atau pekerjaan yang ditekuni", ujarnya.

Saat ini rangkaian program Anak Bangsa Siap Berkarya masih berjalan di empat kota lainnya yaitu Bandung, Semarang, Medan, dan Surabaya.

Kerjasama HSBC Indonesia dan YCAB Foundation dalam program ABSB akan berlangsung dalam periode 4 tahun, hingga tahun 2019.

Program ini merupakan bentuk komitmen dari HSBC Indonesia bagi pendidikan, sesuai dengan misi YCAB untuk memberikan akses pendidikan dan memandirikan 5 juta anak muda pra-sejahtera di tahun 2020. (Bgs)