|
find us on : 
Home > MELITER > Pushidrosal Gelar Operasi Survei dan Petakan Perairan Manggar, Belitung Timur

Pushidrosal Gelar Operasi Survei dan Petakan Perairan Manggar, Belitung Timur

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 17 Mei 2018 | 14:15:06
dibaca | 1378 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sebagai lembaga Hidrografi Nasional, Pusat Hidro - Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mengemban amanah pemerintah RI dalam menjamin keselamatan pelayaran, baik untuk kepentingan militer maupun sipil. Oleh sebab itu Pushidrosal senantiasa menggelar operasi survei dan pemetaan (opssurta) hidro-oseanografi di seluruh perairan Indonesia untuk memutakhirkan peta laut Indonesia maupun membuat peta baru, Manggar, 16 Mei 2018.

Selama 50 hari, Pushidrosal menggelar operasi survei Hidro-Oseanografi di perairan Manggar, Belitung Timur, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Operasi survei Hidros ini digelar guna menjamin keselamatan pelayaran di perairan Manggar, khususnya updating data alur pelayaran menuju pelabuhan Manggar, Belitung Timur serta Publikasi Nautika.

Pushidrosal telah mengirimkan Unit Tugas Survei yang berjumlah 15 orang dibawah pimpinan Komandan Unit Tugas Mayor Laut (E) Cecep Kurniawan, ST untuk melaksanakan operasi survei dengan kegiatan yang meliputi pengukuran kedalaman laut (Bathimetry), investigasi bahaya pelayaran, pencitraan dasar laut dengan menggunakan side scan sonar, verifikasi sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP), pengukuran pasang surut air laut, pengukuran arus dan gelombang laut, pengukuran sedimentasi, pengambilan contoh dasar dan air laut, pengamatan unsur-unsur meteorologi, pengumpulan data-data geografi maritim serta melaksanakan verifikasi nama-nama geografi (toponimi).

Untuk menjamin keakuratan data yang dihasilkan operasi survei hidros ini, agar sesuai dengan standar Internasional Hydrographic Organization (IHO), maka dilaksanakan inspeksi survei Hidros oleh Kolonel Laut (E) Yudi harsono, ST sebagai Kepala Dinas Verifikasi Peralatan Survei Pushidrosal dan Letkol Laut (KH) Sunar Widiyanto, ST., M.Si sebagai Kepala Sub Dinas Pengolahan Data Survei Dinas Hidrografi Pushidrosal.

Pada inspeksi ini, tim inspeksi Pushidrosal mengadakan peninjauan langsung pelaksanaan operasi survei dan menerima paparan perkembangan pelaksanaan survei dari Komandan Unit Tugas Mayor Laut (E) Cecep Kurniawan, ST.

Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan operasi survei Hidros yang telah dilaksanakan oleh Unit Tugas Survei yang meliputi area survei, waktu maupun metode survei yang dilaksanakan apakah sesuai dengan perencanaan dan memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga data survei yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpecaya. (Bgs)