|
find us on : 
Home > NASIONAL > Beri Kuliah Umum di Unhan, Menhan RI: Gali Nilai-nilai Nasionalisme dan Karakter Bangsa

Beri Kuliah Umum di Unhan, Menhan RI: Gali Nilai-nilai Nasionalisme dan Karakter Bangsa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 16 Mei 2018 | 01:59:26
dibaca | 1099 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu melaksanakan kuliah umum dengan tema "Integritas pemimpin yang berwibawa kebangsaan" yang bertempat di gedung Auditorium, Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan (Unhan) Kawasan IPSC Sentul - Bogor, Selasa (15/5/2018).

Dalam paparannya, Menhan RI menyampaikan bahwa, pentingnya membangun jiwa kepemimpinan yang berintegritas pada mahasiswa, sehingga dapat membawa negara Indonesia lebih maju.

"Untuk mencapai kemajuan ini perlu perkuat jiwa nasionalisme, patriotisme, integritas calon pemimpin, mahasiswa sebagai agen perubahan, dan kemampuan dari segi akademik." ujarnya.

Lebih lanjut Menhan RI menjelaskan tentang membangun jiwa kepemimpinan, bersifat internal bahwasanya dalam diri mahasiswa senantiasa memiliki perilaku utuh, konsisten, komitmen yang diwujudkan dalam perkataan dan tindakan, serta memiliki kemampuan dan nilai dan diaplikasikan sehari-hari untuk melaksanakan tugas.

"Sementara untuk membangun jiwa kepemimpinan yang bersifat eksternal dapat mencakup kemampuan berorganisasi dalam lingkup kampus maupun organisasi masyarakat." ucap Menhan.

Pada kesempatan ini juga Menhan menyampaikan tentang bagaimana mewujudkan karakter pemuda unggul, dalam hal ini dilihat dari kemampuannya seperti inovatif, kreatif, berkepribadian, memiliki jiwa kompetitif, kualitas tinggi, semangat pembaharuan dan semangat nasionalisme tinggi.

Mengakhiri kuliah umum tersebut, Menhan RI turut memberikan beberapa penekanan kepada mahasiswa Unhan. Pertama tingkatkan semangat kebangsaan (nasionalisme) 4 Pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika. Kedua, tumbuh kembangkan semangat & jiwa rela berkorban, bisa & negara (patriotisme) melalui lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah & lingkungan sosial.

Ketiga tingkatkan kiprah positif dengan kegiatan yang membangun & bermanfaat untuk bangsa dan negara. Keempat, gali nilai-nilai nasionalisme & karakter bangsa. Kelima memiliki kecerdasan, keterampilan & kompetitif, mental idiologi Pancasila, berakhlak mulia, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan, berjiwa nasionalisme, patriotisme, semangat bela negara yang tinggi.

Sebelum kuliah umum ditutup, Rektor Unhan berkesempatan membuka sesi tanya jawab antara mahasiswa Unhan dan Menhan RI yang seyogyanya langsung dijawab dengan lugas oleh Menhan

Selain itu, Kuliah umum tersebut juga dibuka langsung oleh Rektor Unhan Letnan Jenderal TNI Dr Yoedhi Swastanto MBA.

Dalam sambutannya Rektor Unhan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan RI yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Unhan.

Pada kesempatan ini Rektor Unhan membacakan riwayat hidup singkat Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dari awal menempuh karir hingga menjadi Menteri Pertahanan RI, dan berbagai pengalaman dalam tugas serta prestasi yang sudah diraihnya.

Rektor Unhan mengingatkan kepada mahasiswa Unhan untuk menyadari pentingnya materi yang disampaikan oleh dari Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai bekal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan implementasi dalam penerapan tugas dimasa mendatang.

Kuliah Umum ini tidak hanya diikuti mahasiswa Unhan tetapi juga dihadiri pejabat Eselon I, II, III dan IV Unhan serta seluruh Dosen di lingkungan Unhan. (Bgs)