|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Luluskan 1.288 Wisudawan, Unindra PGRI Sukses Di Posisi 5 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia

Luluskan 1.288 Wisudawan, Unindra PGRI Sukses Di Posisi 5 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 06 Mei 2018 | 21:20:24
dibaca | 2277 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI mengelar wisuda yang ke-61, Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018 yang diikuti oleh 1.288 wisudawan. Pelulusan tersebut, dipimpin langsung oleh Rektor Unindra yang juga merangkap sebagai Senat Universitas, yakni Prof. Dr. H. Sumaryoto, di gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (5/5/2018)

Sebanyak 1.288 wisudawan tersebut, terdiri atas 505 lulusan program Strata Satu (S1) dan 783 lulusan program Strata Dua (S2).

Dalam sambutanya Prof. Dr. H. Sumaryoto memaparkan bahwa dari 1.288 Wisudawan, terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial (FIPPS) untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1) 46 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) 76 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) 10 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA) untuk Program Studi Pendidikan Matematika (S1) 41 orang, Program Studi Pendidikan Biologi (S1) 1 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika (S1) 7 orang. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 63 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1) 28 orang, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1) 49 orang.

Sedangkan, Fakultas Teknik Informatika dan Komputer (FTIK) Program Teknik Informatika (S1) 140 orang, Program Teknik Industri (S2) 28 orang dan Program Teknik Arsitektur (S1) 16 orang. Fakultas Pascasarjana Magister Pendidikan Program Magister Pendidikan MIPA (S2) 266 orang, Program Magister Pendidikan IPS (S2) 210 orang, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) 123 orang dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) 184 orang.

Lebih lanjut Prof. Dr. H. Sumaryoto mengatakan bahwa Wisuda ke-61 ini merupakan wisuda yang pertama untuk periode semester gasal 2017/2018.

"Ini merupakan prestasi yang menggembirakan bahwa untuk semester kali ini agak berbeda karena mahasiswa S1 adalah mahasiswa yang bersifat pindahan (transfer) sehingga jumlahnya lebih sedikit, mulai bulan September-November 2018 akan ada wisuda semester genap mencapai lebih dari 6.000 lulusan sehingga diadakan wisuda sebanyak 5 kali wisuda" ujarnya.

Dalam Wisuda kali ini, Lanjut Rektor Unindra, tidak seperti biasanya, jika sebelumnya, yang biasa ada di panggung ini adalah anggota Senat, namun kali ini sebagai konsekuen dan konsisten dengan peraturan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sekarang yang ada di panggung adalah para pimpinan akademik yang terdiri atas para rektor dan wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, dan ketua program studi. Hal ini baru dimulai di wisuda ke-61, Jelasnya.

Sementara itu, terkait soal struktur organisasi, Prof. Dr. H. Sumaryoto menjelaskan bahwa, Unindra juga mengalami perubahan, nantinya ada lima Fakultas. Ini sesuai dengan tuntutan akreditasi perguruan tinggi. Fakultas yang baru adalah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang sebelum tergabung menjadi Fakultas Teknik dan MiPA.

"Oleh karena itu susunan wisudawan dan struktur akademik juga sama ada lima Fakultas." katanya.

Adapun Beberapa hal terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pertama dibidang Akademi, Unindra sudah mulai melaksanakan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang sudah kita tetapkan mulai akhir Desember 2017 lalu.

"Semua SOP yang diperlukan sudah kita tetapkan dan sekarang sudah kita mulai sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan dalam SNPT termasuk memecah Fakultas, mengatur beberapa hal yang berkaitan dengan SNPT." ungkap Rektor Unindra PGRI.

Lanjutnya, Unindra juga berhasil menjadi juara nasional Perguruan tinggi berprestasi dan berada pada posisi lima besar perguruan tinggi di Indonesia. Sementara, perkembangan sarana dan prasarana walaupun sudah mempunyai tujuh unit gedung yang tersebar di dua kampus yaitu kampus A dan kampus B, Unindra masih terus membangun.

"Tahun ini akan dibangun segera 8 unit gedung enam lantai yang masih dalam proses perizinan." ungkapnya.

Rektor menambahkan, selama kurun waktu wisuda yang lalu, Unindra juga sudah meningkatkan akreditasi satu program studi yaitu desain komunikasi visual yang semula Grade B, saat ini sudah naik menjadi Grade A. Sementara untuk dosen, Unindra sedang memproses peningkatan kualifikasi pendidikan S2 menjadi S3.

"Untuk Darma perguruan tinggi kedua yaitu Penelitian dan pengabdian masyarakat (litdimas), untuk para dosen juga mendapat jenjang Madya yaitu Grade Madya," terang Rektor.

Selain itu, Di bidang prestasi, Mahasiswa Unindra pada Februari 2018 berhasil mengukir prestasi menjadi juara nasional yang ketiga sekaligus juara pertama untuk media pembelajaran Fisika.

"Ini merupakan bukti bagi Unindra, bahwa mahasiswa Volunteer bukan mahasiswa sembarangan." tegas Rektor Unindra PGRI. (Bgs)